Implementasi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

DEWI, LUTFIANA FITRIA (2016) Implementasi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
LUTFIANA FITRIA DEWI_084 111 092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan dan pembelajaran mempunyai peran yang penting untuk perkembangan dan kelangsungan hidup. Oleh karena itu manusia tidak akan pernah berhenti membahas masalah pendidikan. Maka menjadi suatu tuntutan zaman bahwa masa kini dan masa yang akan datang harus lebih baik dari masa yang lalu. Untuk menuju keinginan tersebut manusia harus meningkatkan iman dan ilmu pengetahuanya. Mata pelajaran Fiqih merupakan bagian dari pelajaran agama di madrasah yang mempunyai ciri khas dibandingkan dengan pelajaran yang lainnya, karena pada pelajaran tersebut memikul tanggung jawab untuk dapat memberi motivasi sebagai manusia yang mampu memahami, melaksanakan dan mengamalkan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdhoh dan muamalah serta dapat mempraktekannya dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan siswa kelas XII yang bernama Nur Azizah, bahwa pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember pada tahun ajaran sebelumnya merupakan pelajaran yang membosankan dan membuat dirinya mengantuk. Akan tetapi pada tahun ajaran 2015/2016 ini pelajaran fiqih menjadi menyenangkan dan selalu memotivasi dirinya untuk selalu belajar dan belajar. (observasi, wawancara: 22-09-2015) Selain itu, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fiqih, menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2015/2016 sangat baik dari yang sebelumnya. Sebagian besar pada tahun pelajaran 2015/2016, nilai siswa sudah melebihi nilai KKM yaitu 75 dari 204 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dapat menguasai meteri yang didapatkan dalam pembelajaran fiqih itu sendiri. Padahal pada tahun ajaran sebelumnya yaitu tahun ajaran 2014/2015 sebagian besar nilai siswa kurang baik. Yaitu dari 204 siswa yang nilainya berada di bawah KKM sebanyak 194 siswa (95%) belum memenuhi standar ketentuan minimum. (observasi, wawancara: Suyoko, S.Pd.I., 22-09-2015) Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penyusunan perencanaan pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih di madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2015/2016 ? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2015/2016 ? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penyusunan perencanaan pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2015/2016 (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2015/2016 (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2015/2016. Ix Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang telah disimpulkan berdasarkan tanggapan dari informan, bahwa penyusunan pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember yaitu menyusun kalender pendidikan yang mana pada kalender tersebut seorang guru akan mudah mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran dalam satu tahun. Menyusun rencana pekan efektif untuk mengetahui berapa banyak pekan efektif dan tidak efektif dalam satu tahun. Menyusun program tahunan dan program semester, untuk mengetahui kegiatan apa saja yang harus dilaksanakan. Menyusun Silabus dan RPP sesuai dengan prosedur dari pemerintah dengan menggunakan Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember yaitu menggunakan materi yang berupa ringkasan atau rangkuman pengertian, konsep, proses, dan keterampilan. Strategi yang digunakan adalah ceramah, diskusi, metode tanya-jawab, hafalan dan praktek. Media yang digunakan yaitu menggunakan media LCD dan media lingkungan. Evaluasi pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember menggunakan evaluasi tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam ranah kognitif berupa tes tulis dan tes lisan, dalam ranah afektif berupa sikap dan tingkah laku, dan dalam ranah psikomotorik berupa ujian praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:44
Last Modified: 14 Dec 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30285

Actions (login required)

View Item View Item