Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Penanganan Hafalan Siswa Terhadap Program Tahfidz Juz 30 Reguler di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.

azizatul fadilah, nurul (2019) Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Penanganan Hafalan Siswa Terhadap Program Tahfidz Juz 30 Reguler di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NURUL AZIZATUL FADILAH_T20153035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam hal ini peneliti hanya akan membahas tiga dari fungsi manajemen yang ada, yaitu Perencanaan (planning). Perencanaan disini adalah perencanaan yang disusun untuk memudahkan pelaksanaan penanganan , yang kedua pengorganisasian (organizing). dalam pelaksanaannya yaitu dilakukan dengan mengikuti jadwal yang telah disusun sebelumnya didalam perencanaan kegiatan yang berupa tabel, Dan kemudian yang ketiga penilaian (Evaluating). evaluasi yang dilakukan dalam bimbingan konseling dalam menangani permasalahan hafalan siswa ini yaitu dengan menjabarkan rincian program selama pelaksanaan Adapun fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen bimbingan konseling dalam penanganan hafalan siswa terhadap program Tahfidz Juz 30 Reguler di MAN 2 Jember? 2) Bagaimana bentuk pelaksanaan manajemen bimbingan konseling dalam penanganan hafalan siswa terhadap program Tahfidz Juz 30 Reguler di MAN 2 Jember? 3) Bagaimana evaluasi manajemen bimbingan konseling dalam penanganan hafalan siswa terhadap program Tahfidz Juz 30 Reguler di MAN 2 Jember? Tujuan dengan adanya penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen bimbingan konseling dalam penanganan hafalan siswa terhadap program Tahfidz Juz 30 Reguler di MAN 2 Jember. 2) Mendeskripsikan bentuk pelaksanaan manajemen bimbingan konseling dalam penanganan hafalan siswa terhadap program Tahfidz Juz 30 Reguler di MAN 2 Jember. 3) Mengetahui evaluasi manajemen bimbingan konseling dalam penanganan hafalan siswa terhadap program Tahfidz Juz 30 Reguler di MAN 2 Jember. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposiv. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Temuan hasil penelitian: 1) Perencanaannya dimulai dengan Jenis Layanan Konseling, Kegiatan Pendukung, Format Kegiatan , Deskripsi Kebutuhan yang mana perencanaan berdasarkan hasil Asesmen maka dapat ditentukan deskripsi kebutuhannya. 2) pelaksanaannya diawali dengan Persiapan, Layanan bimbingan dan konseling, Layanan peminatan dan perencanaan individual, Layanan responsif, Dukungan sistem, Kegiatan tambahan dan pengembangan profesi. 3) Evaluasinya dimulai dengan Persiapan Program, Kegiatan Layanan, kemudian Kegiatan Pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:44
Last Modified: 14 Dec 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30286

Actions (login required)

View Item View Item