PENERAPAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF 34 HASYIM ASY’ARI PONTANG-AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ludfiana, Maulida (2023) PENERAPAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF 34 HASYIM ASY’ARI PONTANG-AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ludfiana Maulida (2).pdf

Download (5MB)

Abstract

Focus Group Discussion (FGD) merupakan pengumpulan berbagai informasi dan
pemecahan masalah melalui beberapa pendapat peserta didik dalam diskusi dari
berbagai pengalaman sosial dan interaksi antar sesama peserta didik yang diatur
dan diarahkan oleh moderator. FGD (diskusi kelompok terpusat) merupakan
metode pembelajaran yang sesuai diterapkan untuk pelajaran matematika di kelas
V pada materi pecahan. Karena dengan metode ini pembelajaran lebih
menyenangkan, peserta didik menjadi siap semua dan lebih bersungguh-sungguh
dalam menerima pelajaran. Peneliti memilih pelajaran matematika kelas V karena
mata pelajaran matematika termasuk kategori mata pelajaran yang diujikan dalam
ujian nasional dan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari sebagai bentuk
pengaplikasiannya dalam kehidupan
Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan metode focus group discussion
(FGD) pada pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim
Asy’ari Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana pelaksanaan
metode focus group discussion (FGD) pada pembelajaran matematika di
Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim Asy’ari Ambulu Jember Tahun Pelajaran
2018/2019?, 3) Bagaimana evaluasi metode focus group discussion (FGD) pada
pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim Asy’ari
Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?
Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan perencanaan metode focus group
discussion (FGD) pada pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif
34 Hasyim Asy’ari Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.
2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode focus group discussion (FGD) pada
pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim Asy’ari
Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Mendeskripsikan evaluasi metode
focus group discussion (FGD) pada pembelajaran matematika di Madrasah
Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim Asy’ari Ambulu Jember Tahun Pelajaran
2018/2019.
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif, jenis penelitian field reserch.
Teknik pengumpulan data: observasi, wawancra, dan dokumentasi. Analisis data:
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan: 1) perencanaan yang dilakukan adalah memilih
metode belajar yang sesuai kondisi kelas dan menggunakan alat peraga sesuai
dengan materi yang diajarkan, 2) pelaksanaan pembelajaran ada 3 tahap yakni
kegiatan awal, inti, dan penutup, 3) evaluasi yang diberikan berupa tes bentuk
uraian dan instrumennya berupa tes uraian objektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Syafira Salsabila
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:59
Last Modified: 14 Dec 2023 03:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30287

Actions (login required)

View Item View Item