Pengembangan Media Short Card Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V Mi Fathussalafi Ajung Jember

khoir, miftahul (2023) Pengembangan Media Short Card Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V Mi Fathussalafi Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTAHUL KHOIR_T20194126.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahul Khoir, 2023. Pengembangan Media Short Card Dalam Pembelajaran Matematika Di MI Fathussalafi Ajung Jember
Kata Kunci: Pengembangan, Media Short Card, Pembelajaran Matematika
Minimnya penggunaan media pembelajaran oleh guru dan masih maraknya siswa yang mencontek ketika uji soal matematika, menyebabkan proses pembelajaran yang berjalan kurang maksimal serta hasil belajar masih jauh dari yang diharapkan. Media short card kemudian dikembangkan sebagai terobosan memaksimalkan proses pembelajaran serta menghilangkan kebiasaan buruk siswa yaitu mencontek ketika uji soal matematika.
Penelitian ini menggunakan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pengembangkan media Short card dalam Pembelajaran Matematika di kelas V MI Fathus Salafi Ajung Jember; (2) Bagaimana kelayakan media Short card dalam Pembelajaran Matematika di kelas V MI Fathus Salafi Ajung Jember; (3) Bagaimana kepraktisan media Short card dalam Pembelajaran Matematika di kelas V MI Fathus Salafi Ajung Jember; (4) Bagaimana kefektifan media Short card dalam Pembelajaran Matematika di kelas V MI Fathus Salafi Ajung Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media Short card dalam Pembelajaran Matematika di kelas V MI Fathus Salafi Ajung Jember; (2) Mendeskripsikan kelayakan media Short card dalam Pembelajaran Matematika di kelas V MI Fathus Salafi Ajung Jember; (3) Mendeskripsikan kepraktisan media Short card dalam Pembelajaran Matematika di kelas V MI Fathus Salafi Ajung Jember; (4) Mendeskripsikan keefektifan media Short card dalam Pembelajaran Matematika di kelas V MI Fathus Salafi Ajung Jember.
Pengembangan media short card dalam pembelajaran matematika di MI Fathussalafi Ajung Jember ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gaal yang telah disederhanakan meliputi: analisa kebutuhan, perancangan alat atau media, pengembangan produk awal, percobaan lapangan, percobaan produk akhir. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, koesioner atau angket dan dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan media short card menghasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk kartu dengan langkah pembuatan yakni pembuatan cover, kartu model pendalaman materi, kartu model soal dan panduan penggunaan. (2) Hasil kelayakan media short card oleh ahli media dan ahli materi sebesar 94% dan 90,76% dengan kategori sangat layak semua; (3) Hasil kepraktisan oleh guru dan siswa sebesar 98,09% dan 95,61% dengan kategori sangat praktis semua; (4)Serta hasil keefektifan sebesar 83,50% dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010203 Calculus of Variations, Systems Theory and Control Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Miftahul Khoir22
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:57
Last Modified: 14 Dec 2023 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30291

Actions (login required)

View Item View Item