Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme (Contructivism) Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di MTs Al-Qodiri 1 Jember

Nur Alifah, Ihsaniatun (2023) Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme (Contructivism) Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di MTs Al-Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ihsaniatun N.A (Watermark).pdf

Download (9MB)

Abstract

Pendekatan adalah sudut pandang atau cara pandang yang digunakan oleh pendidik atau sumber belajar dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Pembelajaran berhubungan dengan tujuan, materi, metode, strategi, model, dan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran dapat mempengaruhi kualitas dan hasil pembelajaran yang dicapai oleh peserta didik. Pembelajaran konstruktivisme memfokuskan pada pemahaman dari diri sendiri secara aktif, produktif dan kreatif berdasarkan kajian pengetahuan yang terdahulu dan dari sebuah pengalaman pembelajaran yang produktif. Proses pembelajaran konstruktivistik yang dimulai dari pengetahuan peserta didik lahir yang masih kosong. Adanya interaksi dengan lingkungannya, peserta didik dapat menerima pengetahuan awal dan ilmu baru dari pengalaman-pengalaman. Sumber belajar bukan hanya dari buku saja melainkan sumber belajar lainnya seperti mengamati lingkungan sekitar.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran konstruktivisme terhadap literasi sains peserta didik?; 2) Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar peserta didik? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran konstruktivisme terhadap literasi sains peserta didik dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian secara kuantitatif dengan metode penelitian komparatif. Teknik penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain pretest-postest control group design. Penentuan sample dengan purposive sampling merupakan teknik yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pengambilan anggota hanya sebagian populasi dengan melihat rata-rata nilai hasil tes peserta didik untuk dijadikan anggota sampel dari populasi itu. Kelas eksperimen dan kontrol ditentukan dari hasil penyebaran angket.
Berdasarkan hasil uji anova satu arah atau one way anova pada hasil posttest literasi sains yaitu nilai sig. 0,265 yang artinya diterima. Variabel kedua yaitu hasil belajar, dilihat dari tabel nilai sig. 0,000 yang mana diterima. Kesimpulannya yaitu pembelajaran dengan pembelajaran kontruktivisme terhadap literasi sains tidak ada pengaruh, sedangkan terhadap hasil belajar ada pengaruh.

Kata Kunci: Konstruktivisme, Literasi Sains, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Ihsaniatun Nur Alifah
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:14
Last Modified: 14 Dec 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30292

Actions (login required)

View Item View Item