Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI SMPN 2 Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

PARAMITA, YULIAND PRADYA (2016) Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI SMPN 2 Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
YULIAND PRADYA PARAMITA_084 111079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh orang tua secara langsung maupun tidak langsung akan dipelajari dan ditiru oleh anak. Orang tua merupakan lingkungan terdekat yang selalu mengitarinya dan sekaligus menjadi figur dan idola anak. Bila anak melihat kebiasaan baik dari orang tuanya maka anak akan dengan cepat mencontohnya, demikian sebaliknya bila orang tua berperilaku buruk maka akan ditiru perilakunya oleh anak-anak. Berdasarkan latar belakang di atas, maka Fokus penelitian ini yaitu bagaimana dampak pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI SMPN 2 Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Yang meliputi: pola asuh otoriter, demokratis, dan laissez faire, Tujuan dari peneitian ini adaah (1) Mendiskripsikan dampak pola asuh orang tua yang otoriter terhadap kedisplinan belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI SMPN 2 Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.(2) Mendiskripsikan dampak pola asuh orang tua yang demokratis terhadap kedisplinan belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI SMPN 2 Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.(3) Mendiskripsikan dampak pola asuh orang tua yang laissez faire terhadap kedisplinan belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI SMPN 2 Gumukmas Kabupaten Jemberl Tahun Pelajaran 2015/2016 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMPN 2 Gumukmas. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Dampak positif pola asuh orang tua otoriter terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMPN 2 Gumukmas yaitu anak akan lebih disiplin karena orangtua bersikap tegas dan memerintah, dan tidak akan terjerumus ke dalam kenakalan remaja atau pergaulan bebas. (2) Dampak positif pola asuh orang tua demokratis terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMPN 2 Gumukmas yaitu anak akan lebih kompeten bersosialisasi, mampu bergantung pada dirinya sendiri dan bertanggung jawab secara sosial, serta memiliki kebebasan berpendapat dan kebebasan untuk mengembangkan kreatifitas. (3) Dampak positif pola asuh orang tua laissez faire (permisif) terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMPN 2 Gumukmas yaitu orangtua akan lebih mudah mengasuh anak karena kurangnya kontrol terhadap anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:44
Last Modified: 14 Dec 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30293

Actions (login required)

View Item View Item