“Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Di SD Negeri 2 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016”

Rofiyanti, Defri Ayu Syafira (2016) “Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Di SD Negeri 2 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016”. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
DEFRI AYU SYAFIRA. R_084 103 053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akreditasi merupakan suatu proses dan hasil. Sebagai proses, akreditasi merupakan suatu upaya BAN-SM untuk menilai dan menentukan status kualitas Sekolah atau Madrasah berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Sebagai hasil, akreditasi merupakan status mutu sekolah atau madrasah yang diumumkan kepada masyarakat Secara realitas dan fakta bahwa sekolah yang telah terakreditasi belum tentu mutu pendidikannya sesuai dengan harapan semua bangsa Indonesia. Hal ini yang membuktikan bahwa ada suatu lembaga pendidikan yang sudah terakreditasi dan tidak sesuai dikarenakan persoalan bantuan operasional sekolah (BOS), tetapi dalam penanganan bantuan tersebut kurang tepat sasaran (tidak sesuai yang dinginkan) dan peningkatan kualitas pendidikan sangat sulit dan lamban, sehingga harus diakreditasi ulang suapaya tepat pada sasarannya. Permasalahan tentang Akreditasi Sekolah dan Manajemen Pembelajaran ini juga terjadi pada salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Jember, yaitu SD Negeri 2 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum adalah “Adakah pengaruh akreditasi sekolah terhadap manajemen pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016? Sedangkan secara khusus dibagi menjadi tiga sub bab masalah yaitu 1) Adakah pengaruh akreditasi sekolah terhadap perencanaan pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016? 2) Adakah pengaruh akreditasi sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016? 3) Adakah pengaruh akreditasi sekolah terhadap evalusi pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh akreditasi sekolah terhadap manajemen pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan khususnya yaitu: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh akreditasi sekolah terhadap perencanaan pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh akreditasi sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh akreditasi sekolah terhadap evaluasi pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016 Kesimpulan dari penelitian ini secara umum adalah ada pengaruh positif akreditasi sekolah terhadap manajemen pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan pengaruh yang sangat kuat. Kesimpulan khususnya yaitu: 1) ada pengaruh positif akreditasi sekolah terhadap perencanaan pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan ix pengaruh yang sangat kuat; 2) ada pengaruh positif akreditasi sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan pengaruh yang sangat kuat; 3) ada pengaruh positif akreditasi sekolah terhadap manajemen pembelajaran di SD Negeri 2 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan pengaruh yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:44
Last Modified: 14 Dec 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30296

Actions (login required)

View Item View Item