Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren putri Al-Azhar Kauman Muktisari Jember.

HABIBAH, UMI (2016) Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren putri Al-Azhar Kauman Muktisari Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
UMI HABIBAH_084 121281.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penerapan metode sorogan di pondok pesantren al-azhar telah lama diterapkan,metode sorogan adalah kegiatan pembelajaran bagi para santri yang lebih menitik beratkan pada pengembangan kemampuan individual di bawah bimbingan ustad atau kyai. Penerapan metode sorogan di pesantren akan mendapatkan hasil yang baik apabila dilaksanakan dengan baik tanpa hambatan. Namun tanpa disadari meskipun telah menerapkan metode sorogan masih banyak santri yang tidak mampu membaca kitab bahkan mereka para santri melihat teman lainnya yang dianggap mampu untuk mengartikan kitab sehingga ada penyataan yang menyatakan bahwa "yang bisa akan semakin bisa dan yang tidak bisa akan semakin tidak bisa". Fokus penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember? dengan sub fokus penelitian. 1)Bagaimanakah penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi intrinsik santri di pondok pesantren putri Al-Azhar Kauman Muktisari Jember? 2)Bagaimanakah penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik santri di pondok pesantren putri Al-Azhar Kauman Muktisari Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren AlAzhar Kauman Muktisari Jember. Dengan tujuan sub fokus penelitian 1)Untuk mengetahui penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi intrinsik santri di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember 2)Untuk mengetahui penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik santri di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1)Penerapan metode sorogan di pondok pesantren Al-Azhar diterapkan dengan menggunakan sistem undian nama, yakni nama santri yang keluar ketika diundi, santri tersebut berhak untuk maju terlebih dahulu menghadap ustazah dan mulai membaca kitab Bulughul Maram, setelah santri membaca ustadzah memberikan pertanyaan kepada santri, setelah itu diundi lagi sampai tiga atau empat kali undian, kemudian ustadah membacakan ulang hadist yang dibaca santri dan santri membenarkan bacaan yang dibaca ustadah. Namun, karena penerapan metode sorogan hanya dilakukan tiga sampai empat kali undian, jadi tidak semua santri mendapat bagian dalam pembacaan kitab Bulughul Maram, sehingga penerapan metode sorogan ix kurang bisa meningkatkan motivasi belajar santri dalam pembelajaran kitab Bulughul Maram di pondok pesantren putri Al-Azhar Kauman Muktisari Jember. 2)Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi intrinsik santri diterapkan dengan menggunakan metode undian , dimana di dalamnya terdapat beberapa proses, pertama pembacaan kitab, Kedua proses tanya jawab. Ketiga, pembacaan ulang dan santri membenarkan. Namun meskipun telah menerapkan metode sorogan dengan beberapa proses didalamnya terdapat santri yang masih kurang fokus dan berbicara dengan temannya. 3)Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan motivasi ektrinsik santri dilakukan dengan beberapa proses sebagaimana yang disebutkan. Namun meskipun telah menerapkan metode sorogan masih terdapat beberapa santri yang tidak mengartikan kitab dan tertidur ketika proses belajar mengajar berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:44
Last Modified: 14 Dec 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30297

Actions (login required)

View Item View Item