Penerapan Nilai-Nilai Pesantren dalam Mewujudkan Ukhuwah Islamiyah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

yunita sari, devi (2016) Penerapan Nilai-Nilai Pesantren dalam Mewujudkan Ukhuwah Islamiyah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
DEVI YUNITA SARI_084 121 237.pdf

Download (16MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom merupakan lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan pondok pesantren, tidak heran pada akhirnya apabila banyak ditemukan madrasah tsanawiyah yang berdiri diatas lembaga pesantren. Salah satu cara untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut ialah dengan menerapkan nilai-nilai yang ada dalam pesantren secara umum pada setiap aktifitas yang berada di madrasah tsanawiyah, tidak hanya hal pemberian materi keilmuan seputar agama. Namun, juga bagaimana menerapkan nilai tauhid, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana penerapan nilai tauhid dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa di MTs Baitul Arqom Balung Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana penerapan nilai ibadah dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa di MTs Baitul Arqom Balung Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana penerapan nilai akhlak dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa di MTs Baitul Arqom Balung Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitiannya adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan nilai tauhid dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa di MTs Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan penerapan nilai ibadah dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa di MTs Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Mendeskripsikan penerapan nilai akhlak dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa di MTs Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara teknik interaktif, model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) penerapan nilai tauhid dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa yaitu lebih ditekankkan pada membaca ayat suci al-qur’an dan istigosah untuk mempererat tali persaudraan sesama muslim. 2) penerapan nilai ibadah dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa yaitu dengan membiasakan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah di masjid agar tetap berinteraksi dengan sesama muslim dengan baik. 3) penerapan nilai akhlak dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah siswa yaitu akhlak kepada Allah dengan mengajak siswa untuk melakukan shalat ketika adzan berkumandang, akhlak kepada manusia dengan mengarahkan pada hal-hal yang baik dalam tingkah lakunya maupun perbuatannya, dan akhlak terhadap lingkungan dengan mengajarkan, menasehati, dan mengajak untuk selalu menyanyangi tumbuhan dan melestarikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:49
Last Modified: 14 Dec 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item View Item