PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 JEMBER

AISAHULINNUHA, AISAHULINNUHA (0014) PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AISAHULINNUHA.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran luar kelas (outdoor learning) adalah kegiatan belajar
mengajar antara guru dan murid, namun tidak dilakukan didalam kelas, tetap
dilakukan diluar kelas atau alam terbuka, sebagai kegiatan pembelajaran siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana keterampilan
berfikir kritis siswa kelas X MIPA pada mata pelajaran biologi di MAN 1 Jember
.(2) Adakah pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap
peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa kelas X MIPA pada mata pelajaran
biologi di MAN 1 Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan keterampilan
berfikir kritis siswa kelas X MIPA pada mata pelajaran biologi di MAN 1 Jember.
(2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning)
terhadap peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa kelas X MIPA pada mata
pelajaran biologi di MAN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakn pendekatan kuantitatif dengan jenis metode
Eksperimen Semu (Quasi Experiment Design). Teknik penentuan sampel
menggunakan purposive sampling dan jumlah sampelnya 60 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan meliputi tes yaitu pretest digunakan untuk
mengukur kemampuan awal sebelum diberikan perlakuan dan posttest untuk
mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Analisis data yang
digunakan Paired Sample t-test dengan uji prasyarat uji normalitas dan
homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) keterampilan berfikir kritis
siswa dalam proses pembelajaran biologi diluar kelas (outdoor) siswa sudah
menguasai materi, menjawab pertanyaan, kemampuan mengelolah kata,
menyelesaikan masalah, menyimpulkan, aktif bertanya, memahami materi dalam
proses pembelajaran dan dalam pengamatan kelompok maupun individu jika
dibandingkan dengan pembelajaran didalam kelas (indoor). (2) hasil uji Paired
Samples Test pada data Postest bahwa diperoleh singnifikansi Berdasarkan
perhitungannya diperoleh thitung = 4.110 dan ttabel = 1,669 ini berarti thitung > ttabel ,
maka H0 ditolak, berarti Ha di terima yang mengatakan ada perbedaan hasil
keterampilan berfikir kritis siswa sesudah di terapkan pembelajaran luar kelas.
Dengan adanya perbedaan tersebut, berarti terdapat pengaruh pembelajaran luar
kelas (outdoor learning) terhadap peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa
kela X MIPA pada mata pelajaran biologi di MAN 1 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Syafira Salsabila
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:45
Last Modified: 14 Dec 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30299

Actions (login required)

View Item View Item