UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 JEMBER

Dewi, Harianti Lestari (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Harianti Lestari.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setiap anak memiliki perbedaan dalam dirinya yang sudah ada sejak ia lahir, sifat dan watak serta kecerdasan yang dimilikinya secara biologis. Namun, ada juga yang memperoleh
kecerdasan melalui suatu proses yaitu proses pendidikan. Dalam mengasah serta meningkatkan kecerdasan yang ada pada dirinya, selain adanya upaya yang dilakukan oleh diri-sendiri juga ada upaya yang dilakukan oleh lingkungan terdekatnya. Dimana anak memperoleh pendidikan, yaitu upaya dari lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah.
Tujuannya agar kecerdasan ataupun kemampuan yang dimilikinya tetap diasah dan meningkat, sebab setiap anak berbeda dan unik, serta memiliki kelebihan masing-masing.
Fokus Penelitian:
(1) Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan
Verbal-Linguistik pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember ?,
(2) Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan Logis-Matematis pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember ?, (3) Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember ?.
Tujuan Penelitian:
(1) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan
Verbal-Linguistik pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember. (2) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan Logis-Matematis pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember.
(3) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember.
Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik pusposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, melalui empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menyimpulkan:
(1) Upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan
Verbal-Linguistik pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember sudah dilakukan yaitu melalui Kewajiban berbahasa Indonesia, penggunaan media yang beragam, penggunaan
metode pembelajaran yaitu SFE (Student Facilitator and Explaining) & Bermain peran (Role Playing), memberikan bimbingan belajar, dan menyediakan pojok baca.
(2) Upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan Logis-Matematis pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember sudah dilakukan yaitu melalui Penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematich Education), penggunaan metode belajar yang beragam yaitu (Problem solving) & Demonstrasi, penerapan teknik belajar tuntas, penggunaan media yang beragam yaitu grafis dan grafik, penerapan evaluasi formatif, dan memberikan bimbingan belajar.
(3) Upaya guru dalam meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial pada Pembelajaran Tematik di MIN 6 Jember sudah dilakukan yaitu melalui Penggunaan media yang beragam yaitu gambar/foto, cetak buku paket, dan poster, penggunaan metode pembelajaran aktif yaitu Picture and picture dan Examples non examples, mengadakan aktivitas mengambar dan mewarnai serta membuat potongan kertas warna, mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik, menyediakan mading karya seni, pemberian umpan balik dan penguatan
belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Syafira Salsabila
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:51
Last Modified: 14 Dec 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item