Strategi Pemasaran Pembiayaan Rahn Dalam Perspektif Ekonomi Islam(Studi Kasus BMT NU Jatim Cabang Tanggul)

Izzah, Iro Datul (2023) Strategi Pemasaran Pembiayaan Rahn Dalam Perspektif Ekonomi Islam(Studi Kasus BMT NU Jatim Cabang Tanggul). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IRO DATUL IZZAH 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Selain itu pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan dalam pembiayaan rahn di BMT NU Jatim Cabang Tanggul? 2) Bagaimana strategi pemasaran pembiayaan rahn dalam perspektif ekonomi islam di BMT NU Jatim Cabang Tanggul?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan dalam pemasaran pembiayaan rahn di BMT NU Cabang Tanggul. 2) Untuk mengetahui apakah pemasaran pembiayaan rahn di BMT NU Cabang Tanggul sudah sesuai dengan perspektif ekonomi islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi, dengan jenis penelitian studi lapangan. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Strategi pemasaran pembiayaan rahn yang digunakan ialah strategi bauran pemasaran (marketing mix) dengan menggunakan 7p yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat (place), strategi promosi (promotion), strategi orang (people), strategi bukti fisik (physical edvence), strategi proses (process). 2) pemasaran pembiayaan rahn sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam, adapun prinsip-prinsip ekonomi islam terbagi menjadi 3 yaitu prinsip ketauhidan, prinsip khilafah, dan prinsip keadilan. Seperti dengan adanya pengakadan yang dilakukan antara kedua belah pihak yang saling setuju/sepakat, untuk penerapan kehati-hatian dalam islam.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan Rahn, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Rahn, Ekonomi Islam.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Iro Datul Izzah
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:23
Last Modified: 18 Dec 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30303

Actions (login required)

View Item View Item