Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kejenuhan Belajar di SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2018-2019.

hasanah, ifrohatul (2018) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kejenuhan Belajar di SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
IFROHATUL HASANAH_T20151285.pdf

Download (8MB)

Abstract

Guru merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Kreativitas guru sangat diperlukan untuk dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik pemahaman. Keterampilan dalam mengombinasi metode, media, materi dan lainnya merupakan hal yang bersifat kreatif untuk dapat meningkatkan motivasi belajar dan menanggulangi rasa jenuh di dalam pembelajaran. Kejenuhan belajar merupakan salah satu jenis kesulitan yang terjadi pada peserta didik. Kejenuhan yang terjadi peserta didik dapat menyebabkan usaha belajar dilakukan akan sia-sia yang tentunya akan berpengaruh pada hasil pembelajaran. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kreativitas Guru PAI dalam pengembangan materi ajar untuk menanggulangi kejenuhan belajar. 2) Bagaimana kreativitas Guru PAI dalam penerapan metode pembelajaran untuk menanggulangi kejenuhan belajar. 3) Bagaimana kreativitas Guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk menanggulangi kejenuhan belajar. 4) Apa faktor yang mempengaruhi kreativitas Guru PAI dalam menanggulangi kejenuhan belajar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis yang digunakan adalah analisis data Miles dan Hubermant yang melalui empat tahap yakni data collection, data condensation, data display, dan conclusion drawing. Adapun uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian, memperoleh kesimpulan 1). Kreativitas guru dalam mengembangkan materi untuk menanggulangi kejenuhan belajar diantaranya adalah: mengembangkan materi sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, mengembangkan materi sesuai dengan kurikulum 2013, menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan dan mengembangkan materi sesuai dengan realita yang sebenarnya. 2). Kreativitas guru dalam penerapan metode pembelajaran untuk menanggulangi kejenuhan belajar diantaranya adalah: menggunakan metode yang bervariasi, penggunaan metode dengan pertimbangan peserta didik. 3). Kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk menanggulangi kejenuhan belajar diantaranya adalah: mengoptimalkan penggunaan media visual dan audio visual, pertimbangan penggunaan media. 4). Faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam menanggulangi kejenuhan belajar adalah: faktor pendukung, guru, siswa, kebijakan sekolah, sarana dan prasarana yang mendukung, kemampuan guru. Faktor penghambat, masalah yang terjadi diluar pembelajaran, kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:31
Last Modified: 14 Dec 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30304

Actions (login required)

View Item View Item