Kinerja Pegawai Kantor Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) Kepada Masyarakat Tahun 2021 (Studi Pada Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi)

Fauziah, Putri Siti (2023) Kinerja Pegawai Kantor Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) Kepada Masyarakat Tahun 2021 (Studi Pada Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI PUTRI, WATERMAREK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, sehingga warga dapat merasakan pelayanan pemerintah desa yang telah diberikan. Hal ini menimbulkan pengaruh dalam kinerja pelayanan administrasi desa.
Fokus Penelitian ini adalah: 1)Bagaimana mekanisme kinerja pegawai kantor desa pada saat pendataan awal masyarakat yang berhak menerima BLT (Bantuan Langsung Tunai)?, 2)Bagaimana mekanisme pencairan BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada masyarakat yang berhak menerima?, 3)Faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas Kinerja Pegawai Kantor Desa?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui faktor yang menghambat Kualitas Kinerja Pegawai Kantor Desa dalam memberikan Pelayanan Administrasi BLT kepada masyarakat. 2)Untuk mengetahui mekanisme kinerja pegawai kantor desa pada saat pendataan awal masyarakat yang berhak menerima BLT (Bantuan Langsung Tunai). 3)Untuk mengetahui mekanisme pencairan BLT kepada masyarakat yang berhak menerima.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu masalah, gejala, fakta, peristiwa, dan reallita secara luas dan mendalam sehingga diperoleh suatu pemahaman baru. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi, penyajian, dan penarikan.
Hasil penelitian ini mencakup: mekanisme pendataan awal dalam pencairan BLT-DD Desa Sumberarum Kecamatan Songgon yaitu Surat Keputusan, verifikasi, validasi, dan tabulasi data, pendataan, penandatanganan, pengumuman, dan pengesahan. Terdapat faktor pendukung dan penghambat Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Banyuwangi. Faktor penghambat kurangnya edukasi atau penjelasan mengenai BLT-DD, dugaan penyimpangan data sehingga banyak warga yang merasa tidak mendapatkan, dan juga banyaknya jenis bantuan sehingga menjadi tumpang tindih dengan bantuan lainnya. Sedangkan faktor pendukung adalah kerjasama antara pegawai desa dan masyarakat, lalu adanya transparasi kepada masyarakat terkait dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Putri Siti Fauziah
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:16
Last Modified: 18 Dec 2023 01:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30306

Actions (login required)

View Item View Item