laylatin najmi, nur (2016) Hubungan Metode Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Tahsin Tilawah Siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Nur Laylatin Najmi_084 121 173.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode Pembiasaan Membaca Al-Qur’an, Tahsin Tilawah Penggunaan metode sangat dibutuhkan dalam pembelajaran agar efektif. Salah satunya adalah metode pembiasaan, dengan metode pembiasaan diharapkan kepada siswa lebih mudah menguasai materi. Dalam mempelajari dibutuhkan belajar ilmu tajwid supaya baik dan benar. Belajar Al-Qur’an tidak hanya belajar dalam satu atau dua kali pertemuan untuk memahami. Mengacu penjelasan di atas, pokok masalah yang diteliti dalam skripsi ini: Adakah hubungan pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan tahsin tilawah siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016?, sedangkan sub pokok masalah dalam skripsi: 1) Adakah hubungan pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan makharijul huruf siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016? dan 2) Adakah hubungan pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan sifat-sifat huruf siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan umum dalam skripsi ini: Untuk mengetahui hubungan metode pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan tahsin tilawah siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan tujuan khusus dalam skripsi: 1) Untuk mengetahui hubungan metode pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan makharijul huruf siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016 dan 2) Untuk mengetahui hubungan metode pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan sifat-sifat huruf siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Field Risearch dan analisis data menggunakan Korelasi Pearson Product Moment dengan rumus: r ( ∑ ) (∑ )(∑ ) { ∑ (∑ ) }{ ∑ (∑ ) } Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo dengan jumlah 1399 siswa. Peneliti mengambil 10% dengan mengacu pendapat Arikunto dari jumlah populasi dan diperoleh 140 sampel. Dengan teknik pengambilan sampel Stratified Proportional Random Sampling karena sampelnya berstrata. Secara umum dapat disimpulkan bahwa: Tidak ada hubungan metode pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan tahsin tilawah siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016 hasil nilai rhitung 0,046 dengan taraf signifikansi (α) = 5% dari jumlah N=140, db=138 sebesar 0,176. Maka diperoleh rhitung 0,046 < rtabel 0,176. Maka Ho x “diterima” dan Ha “ditolak”. Secara khusus dapat disimpulkan bahwa: 1) Tidak ada hubungan metode pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan makharijul huruf siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016 hasil nilai rhitung 0,058 dengan taraf signifikansi (α) = 5% dari jumlah N=140, db=138 sebesar 0,176. Maka diperoleh rhitung 0,058 < rtabel 0,176. Maka Ho “diterima” dan Ha “ditolak”. 2) Tidak ada hubungan metode pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan sifat-sifat huruf siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016 hasil nilai rhitung 0,028 dengan taraf signifikansi (α) = 5% dari jumlah N=140, db=138 sebesar 0,176. Maka diperoleh rhitung 0,028 < rtabel 0,176. Maka Ho “diterima” dan Ha “ditolak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 00:38 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 00:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30310 |
Actions (login required)
View Item |