Analisis Swot Proses Produksi dan Pemasaran Kopi di PDP Kahyangan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Sulthon, Alfawwazi (2023) Analisis Swot Proses Produksi dan Pemasaran Kopi di PDP Kahyangan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
(Skripsi_Sulthon Alfawwazi_E20182047) (1).pdf

Download (22MB)

Abstract

Sulthon Alfawwazi, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM., CHRP., ,2023: Analisis SWOT Proses Produksi Dan Pemasaran Kopi di PDP Kahyangan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Pada dasarnya, Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) yang terjadi dalam proyek atau di sebuah usaha bisnis, atau mengevaluasi lini-lini produk sendiri maupun pesaing.
Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada pada perusahaan PDP Kahyangan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana upaya peningkatan penjualan kopi di PDP Kahyangan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?.
Tujuan dari penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada pada perusahaan PDP Kahyangan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan penjualan kopi di PDP Kahyangan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di PDP Kahyangan, Jl. Gajah Mada No.245, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan Analisis SWOT. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan : Berdasarkan hasil Analisis SWOT Proses Produksi dan Pemasaran Kopi di PDP Kahyangan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember berada pada kuadran 2 yakni mendukung strategi diversifikasi (produk/pasar). Dan hasil akhir dengan menggunakan analisis Matrik SWOT strategi yang paling cocok digunakan PDP Kahyangan yakni menggunakan strategi S-O (Kekuatan-Peluang) sebagai berikut: a. Mempertahankan kualitas dan pelayanan untuk menarik konsumen, b. Meningkatkan dan memperbanyak inovasi terkait produk yang dihasilkan. Hasil upaya PDP kahyangan dalam meningkatkan penjualan kopi ialah: a. Meningkatkan mutu kualitas produk. b. Meningkatkan inovasi, c. Menjalin kerjasama dan kemitraan yang lebih baik, d. Peningkatan pada akses pasar.

Kata Kunci : SWOT, Proses Produksi dan Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Sulthon Alfawwazi Uton
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:16
Last Modified: 19 Dec 2023 09:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30318

Actions (login required)

View Item View Item