Pengembangan sumber daya manusia dalam mewujudkan budaya kerja produktif di Sub Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember

Husein, Saddam (2023) Pengembangan sumber daya manusia dalam mewujudkan budaya kerja produktif di Sub Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SADDAM HUSEIN_T20193047.docx.pdf

Download (3MB)

Abstract

kata kunci: pengembangan sumber daya manusia; budaya kerja produktif.
Mengapa peneliti mengambil judul ini karena ketertarikan mengambil judul pengembangan sumber daya manusia dan sebelumnya peneliti sudah pra penelitian terlebih dahulu. Kerena Dinas Pendidikan Kabupaten Jember memberikan pelatihan kepada pegawai untuk mengembangkan sumber daya manusia dan juga adanya sistem informasi kepegawaian yaitu Si Keren, salah satu bentuk di siplin pegawai dalam melaksanakan tugasnya. fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana pelatihan pra tugas (Pre Service Training) pengembangan sumber daya manusia dalam mewujudkan budaya kerja produktif di sub bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember? 2)Bagaimana pelatihan dalam tugas (In Service Training) pengembangan sumber daya manusia dalam mewujudkan budaya kerja produktif di sub bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember? 3)Bagaimana pelatihan purna/pasca tugas (Post Service Training) pengembangan sumber daya manusia dalam mewujudkan budaya kerja produktif di sub bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember? Tujuan peneletian ini adalah untuk mendeskripsikan pelatihan pra tugas (pre service training), pelatihan dalam Tugas (in service training), dan pelatihan pasca tugas (post service training) pengembangan sumber daya manusia dalam mewujudkan budaya kerja produktif di sub Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penlitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini dipilih secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktis Miles dan Huberman yaitu dengan 4 langkah. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1)pelatihan pra tugas dilakukan dengan kegiatan latihan pra jabatan, kegiatan tutorial, dan kegiatan sertifikasi guru. 2)pelatihan dalam tugas Dilakukan dengan cara pemberian secara langsung, bimbingan, pengarahan, dan motivasi serta prosedur sampai dengan pelaksanaan tugas tercatat dalam aplikasi sistem informasi yang diberi nama Si Keren, yang bertujuan mewujudkan budaya kerja produktif, karena dengan aplikasi itu semua kinerja pegawai tercatat dengan baik. 3)pelatihan pasca tugas dilakukan Sebagai tindak lanjut dan evaluasi kinerja, dilakukan diskusi, bimbingan baik dilakukan Kepala Bidang maupun oleh pegawai-pegawai senior dalam bidangnya untuk memecahkan kendala-kendala dalam pelaksanaan tugas maupun upaya untuk meningkatkan kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mn Saddam Husein
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:01
Last Modified: 18 Dec 2023 01:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30320

Actions (login required)

View Item View Item