Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Menanggulangi Risiko Kerugian Akibat Pandemi Covid-19 Di Pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto

Khoiria, Dinda Nurhasanah (2023) Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Menanggulangi Risiko Kerugian Akibat Pandemi Covid-19 Di Pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DINDA WATERMAX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dinda Nurhasanah Khoiria, Abdul Wadud Nafis. 2023. Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Menanggulangi Risiko Kerugian Akibat Pandemi Covid-19 Di Pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto.
Kata Kunci : Strategi Usaha, Pedagang Kaki Lima, Pandemi Covid-19.
Pandemi covid-19 yang datang secara tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir, memberikan dampak penurunan ekonomi yang cukup besar. Bagi para pelaku usaha terutama pedagang kaki lima harus bisa menerapkan sikap fleksibel, para pedagang harus bisa mengambil langkah dengan pertimbangan menyesuaikan kondisi pandemi supaya usahanya dapat terus bertahan. Termasuk mengubah strategi usaha yang lama menjadi strategi usaha yang baru dengan tujuan mengatasi kerugian akibat pandemi covid-19.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi usaha pedagang kaki lima di pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto pada masa pandemi covid-19? 2) Bagaimana strategi pedagang kaki lima di pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto dalam mengatasi kerugian akibat situasi pandemi covid-19?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kondisi usaha pedagang kaki lima di pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto pada masa pandemi covid-19. 2) Menganalisis strategi pedagang kaki lima di pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto dalam mengatasi kerugian akibat situasi pandemi covid-19.
Untuk mengidentifikasi permasalahan, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dimana penelitian ini mendeskripsikan keadaan yang diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam, serta menampilkan data apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Kondisi usaha pedagang kaki lima di pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto mengalami penurunan yang cukup drastis, baik penurunan pada kondisi di lokasi, kondisi keuangan, maupun kondisi non keuangan. 2) Strategi yang dilakukan pedagang kaki lima di pasar Mojosari Kabupaten Mojokerto dalam mengatasi kerugian akibat situasi pandemi covid-19 diantaranya adalah menunda rencana penambahan modal kerja, melakukan kerjasama dengan pelaku usaha lain, memperluas pasar dengan go online, serta membuat inovasi dengan membuat produk baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Dinda Nurhasanah Khoiria
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:25
Last Modified: 18 Dec 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30324

Actions (login required)

View Item View Item