PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA KOMBINASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD UNGGULAN NURUL HUDA PLALANGAN KALISAT JEMBER

Munawwaroh, shofiyatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA KOMBINASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD UNGGULAN NURUL HUDA PLALANGAN KALISAT JEMBER. Pengembangan Media Permainan ULar Tangga Kombinasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Siswa Kelas 1 SD. (Unpublished)

[img] Text
SKRIPSI Shofiyatul M.pdf

Download (18MB)

Abstract

Permainan Ular Tangga Kombinasi Materi Membaca Permulaan
Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga pesan yang disampaiakan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Penelitian pengembangan ini akan mengembangkan media permainan ular tangga kombinasi pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Uggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat Jember.
Media ular tangga kombinasi adalah media berupa bener yang di desain berukuran 150cm x 150cm yang mempunyai 3 tema yaitu tentang buah buahan, hewan, profesi. Dadu yang digunakan berupa dadu yang terbuat dari kertas karton berukuran besar. Kemudia ada kotak ajaib untuk tempat soal, gambar, dan alat tulis. Kemudia kombinasi disini ialah pengeras suara (sepiker,mikrofon) untuk menambah semangat siswa.
Fokus penelitian disini membahas 2 rumusan masalah, mulai dari (1) bagaimana proses pengembangan media permainan ular tangga kombinasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat Jember. Kemudia (2) bagaimana kelayaan pengembangan media permainan ular tangga kombinasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat Jember.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode (R&D) Reseacrh and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementsi dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 di SD Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat Jember tahun 2023-2024 yang berjumlah 25 siswa.
Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu 1) Proses pengembangan media ular tangga kombinasi ini menggunakan metode pengembangan RnD dan meggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. 2) Kelayaan media ular tangga kombinasi diketahui setelah melakukan uji validitas oleh 3 validator yaitu validator media, validator materi, validator pembelajaran. Validator media memperoleh presentase 96% yang kreterianya sangat valid. kemudian validator materi memperoleh presentase 89% dan termasuk kreteria sangat valid. selain itu validator pembelajaran memperoleh presentase 90% yang termasuk juga dalam kreteria sangat valid. dari ke 3 validator tersebut memperolehan prosentase rata rata 91% sehingga media ini dikatakan valid atau layak digunakan.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130104 Kura Kaupapa Maori (Maori Primary Education)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sis Shofiyatul Munawwaroh
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:14
Last Modified: 18 Dec 2023 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item