Peran Gerakan Pramuka dalam Pembinaan Akhlak siswa di MTs Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

ALI, DAUD NUR (2015) Peran Gerakan Pramuka dalam Pembinaan Akhlak siswa di MTs Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
DAUD NUR ALI_084 121 031.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pendidikan pada umumnya adalah sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi anak, baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, non-formal, dan informal. Gerakan Pramuka termasuk salah satu kegiatan ekstra kulikuler wajib yang ada dalam lembaga formal, dan dijadikan sebagai wadah dalam pembinaan akhlak siswa. Pendidikan kepramukaan merupakan proses belajar mandiri yang progresif bagi kaum muda untuk mengernbangkan diri pribadi seutuhnya meliputi aspek mental, moral, sosial, spiritual, ernosional, intelektual dan fisik, baik sebagi individu maupun sebagai anggota masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka masalah yang akan diteliti yaitu (1) Bagaimana peran Gerakan Pramuka dalam pembinaan akhlak siswa kepada Allah di MTs Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peran Gerakan Pramuka dalam pembinaan akhlak siswa kepada sesama di MTs Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peran Gerakan Pramuka dalam pembinaan akhlak siswa kepada lingkungan di MTs Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini antara lain: 1) Peran Gerakan Pramuka dalam pembinaan akhlak siswa kepada Allah di MTs Negeri Arjasa adalah dengan beberapa kegiatan Pramuka yang bernuansa islami seperti renungan-renungan dalam kegiatan perkemahan (outdoor), termasuk pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma pada poin pertama. 2) Peran Gerakan Pramuka dalam pembinaan akhlak siswa kepada sesama di MTs Negeri Arjasa diterapkan melalui pembiasaan Akhlak kepada guru dan Akhlak kepada teman yang diaplikasikan berdasar pada Tri Satya poin ke dua dan serta Dasa Dharma poin ke dua, kempat dan ke lima. 3) Peran Gerakan Pramuka dalam pembinaan akhlak siswa kepada lingkungan di MTs Negeri Arjasa adalah melalui praktek melestarikan lingkungan dengan metode pembiasaan pada kegiatan-kegiatan seperti perkemahan dalam bentuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, serta dalam kegiatan jelajah dalam bentuk menjaga lisan maupun sikap selama perjalanan, akhlak terhadap lingkungan ini juga berdasar pada Dasa Dharma poin ke dua dan poin kesepuluh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:38
Last Modified: 18 Dec 2023 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30327

Actions (login required)

View Item View Item