AMJAD, SITTI MA’RIFAH FITRIYAH (2016) Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
SITTI MA’RIFAH FITRIYAH AMJAD_084 121 276.pdf Download (5MB) |
Abstract
Hal yang mendasar dari sebuah proses yang bernama pendidikan adalah membangun karakter bagi para anak didik yang terlibat di dalamnya. Inilah kenapa tidak sedikit yang berpendapat bahwa pendidikan karakter adalah jiwa atau ruh dari sebuah pendidikan. Tanpa pendidikan karakter di dalamnya, proses pendidikan tak lebih hanya sekedar pelatihan kecerdasan intelektual atau hanya semacam mengasah otak bagi para anak didik di sekolah. Bila hal ini terjadi, alangkah mirisnya kehidupan para anak didik di masa mendatang, yakni akan menjadi orang-orang yang mempunyai kecerdasan intelektual, namun tidak terbangun karakternya. Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didiknya untuk menjadi manusia cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. Tujuan pendidikan karakter pada dasarnya adalah mendorong lahirnya anak-anak yang baik (insan kamil). Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso ? (2) Bagaimanakah penerapan metode pendidikan karakter di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pendidikan karakter di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso. Sementara metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian Field Reseach. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data diantaranya 1. Reduksi Data, 2. Penyajian Data, dan 3. Verifikasi, serta keabsahan datanya menggunakan Triagulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa di Pondok Pesantren Darul Istiqomah menunjukkan bahwa telah diterapkan penanaman karakter (1) Dalam pelaksanaannya memiiliki karakteristik yang berbeda yaitu menggunakan panca jiwa pondok yang menjadi jiwanya tersebut yaitu meliputi jiwa keikhlasan, jiwa kesederhanaan, jiwa ukhuwah Islamiyah, jiwa berdikari, dan jiwa kebebasan. (2) Dalam menerapkan karakter maka diperlukan metode pendidikan karakter melalui metode pembiasaan dan metode keteladanan dalam bentuk kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan keteladanan.Dalam pondok pesantren Darul Istiqomah ada beberapa kegiatan tambahan untuk menumbuhkan karakter santri yaitu dalam kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi keputrian di dalam keputrian ada banyak macam ekstra yaitu tata boga, tata busana, hasta karya seperti leter dan kaligrafi, fotografer, nasyid. Ada juga pramuka, drumband, dan basket. Juga diterapkan untuk mempunyai karakter percaya diri dengan diadakan kegiatan muhadhoroh (pidato) Muhadhoroh merupakan acara rutin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 00:38 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 00:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30330 |
Actions (login required)
View Item |