Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017

dwi febiyanti, riska (2016) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RISKA DWI FEBIYANTI_ 084 121 226.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan karakter berbasis agama adalah pendidikan yang berdasarkan pada nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ajaran agama. Sedangkan pendidikan karakter berbasis budaya, artinya budaya ini meliputi nilai-nilai yang melandasi prilaku, tradisi, kebiasaan, dan simbol-simbol yang dipraktekan oleh semua warga sekolah. Madrasah Aliah Negeri Bondowoso adalah salah satu lembaga pendidikan yang lebih mengarahkan pada pembentukan karakter nilainilai agama dan budaya dengan penupang program-program yang sudah dirancang bahkan kultur atau tradisi sudah menjadi kebiasaan di Madrasah Aliah Negeri Bondowoso. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 2). Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu: a) Observasi b) Wawancara secara mendalam c) Dokumentasi. Tekhnik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Pertama, Lembaga pendidikan yang berbasis pesantren. Kedua, Melalui kegiatan IDB (Infaq, Disiplin, Bersih), S3Q (Salam, Sapa, Silaturrahim, Qur’an), PKL-A (Praktek Kerja Lapangan Keagamaan) yang dikemas dalam perayaan Maulid Nabi oleh siswa yang bekerja sama dengan masyarakat. Serta PGA (Paguyuban Guru Agama) yang mengakomodir kegiatan keagamaan. Ketiga, Melalui kegiatan ubudiyah, sholat dhuha berjama’ah, dhuhur berjamaah dan asyar berjamaah. 2) Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Pertama, nilainilai kebersihan, yang mana penanaman nilai-nilai karakter kebersihan melalui program IDB (Infaq, Disiplin, Bersih), demokrasi, penanaman nilai nilai karakter melalui kegiatan pemilihan struktur pengelola sekolah, dan cinta negara melalui kegiatan upacara hari senin dan kegitan upacara bersama pada hari kemerdekaan, tertib dalam kegiatan proses pembelajaran dengan baik. Kedua, Melalui kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstra kurikuler. Ketiga, Melalui kegiatan kegiatan yang sudah terjadwal dan di laksanakan setiap hari salah satunya seperti kegiatan salaman pagi. Keempat, Melalui kegiatan spontanitas, pengkondisian, serta keteladanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:38
Last Modified: 18 Dec 2023 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30331

Actions (login required)

View Item View Item