Pengaruh Kegiatan Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qadir AlJailaini Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Penolong Pendidikan Pengajaran Anak Yatim (YP3AY) Raudlatul Akbar Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Usman, Ayu Fitri Jannati (2016) Pengaruh Kegiatan Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qadir AlJailaini Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Penolong Pendidikan Pengajaran Anak Yatim (YP3AY) Raudlatul Akbar Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Ayu Fitri Jannati Usman_084 111 249.pdf

Download (34MB)

Abstract

Kegiatan Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani merupakan aktifitas dzikir dan istigashah dengan membaca sejumlah kalimat dzikir toyyibah dan do’a untuk mendekatkan diri pada Allah dan untuk mencari ridhonya dengan tata cara yang pernah dilakukan oleh syaikh Abdul Qodir Al- Jailani. Dengan adanya dzikir, hati akan menjadi tentram dan damai, dan bukan hanya itu bahwa dengan dzikir kepada-Nya dengan lisan maupun hati, maka Allah Swt. juga akan ingat kepada kita semua. Dalam aktivitas belajar sebagian besar siswa akan cenderung memahami pelajaran jika dengan suasana hati yang damai dan fikiran yang jernih yang tidak dipengaruhi oleh hal apapun dan dari aktivitas belajar yang baik, juga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah gambaran pemahaman siswa terhadap kegiatan dzikir manaqib syaikh Abdul Qadir Al-Jailani di YP3AY Raudlatul Akbar Jember? 2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di YP3AY Raudlatul Akbar Jember tahun pelajaran 2015/2016? 3) Adakah pengaruh Kegiatan dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani terhadap Hasil belajar siswa YP3AY Raudlatul Akbar Jember tahun pelajaran 2015 / 2016 ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui gambaran pemahaman siswa terhadap kegiatan dzikir manaqib Syaikh Abdul Qodir Al – Jailani di YP3AY Raudlatul Akbar Jember. 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di YP3AY Raudlatul Akbar Jember tahun pelajaran 2015 / 2016. 3) Untuk mengkaji pengaruh antara kegiatan dzikir manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani terhadap hasil belajar siswa tahun pelajaran 2015 /2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian field research, populasi dalam penelitain ini seluruh siswa YP3AY Raudlatul Akbar Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas V dan VI yang berjumlah 28 siswa, siswa Madrasah Tsanawiyah kelas VII, VIII, IX yang berjumlah 34 siswa dan siswa SMK kelas X yang berjumlah 18 siswa jumlah keseluruhan sebanyak 80 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional dan untuk menganalisis data penelitian menggunakan rumus prosentase dan contingency coefficient. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) pemahaman siswa terhadap kegiatan dzikir manaqib yaitu sebanyak 17,5% siswa memiliki kategori tinggi, 65% siswa dalam kategori sedang, dan 17,5% siswa dalam kategori rendah. 2) gambaran hasil belajar siswa yaitu sebanyak 18% siswa memiliki hasil belajar dengan kategori tinggi, 71% siswa dalam kategori sedang, dan 11% siswa kategori rendah. 3) Ada pengaruh yang sedang antara kegiatan dzikir manaqib (X) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:38
Last Modified: 18 Dec 2023 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30332

Actions (login required)

View Item View Item