Pengaruh Jenjang Pendidikan Orang Tua Terhadap Perkembangan Kecerdasan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Cahaya Nurani Jember Tahun 2015/2016

MUSAWADAH, Ms, (2016) Pengaruh Jenjang Pendidikan Orang Tua Terhadap Perkembangan Kecerdasan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Cahaya Nurani Jember Tahun 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
MUSAWADAH_084 116 018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan adalah sebuah proses yang melekat pada setiap kehidupan bersama dan berjalan sepanjang perjalanan umat manusia. Pendidikan merupakan tempat pengembangan diri peserta didik, karena pada dasarnya peserta didik memiliki potensi masing-masing. Selain itu pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Karena itu negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel). Oleh sebab itu dalam penelitian ini akan mengkaji tentang perkembangan kecerdasan anak berkebutuhan khusus di sekolah Cahaya Nurani Jember. Berdasaran latar belakang di atas maka rumusan masalah secara umum bahwa: Bagaimana gambaran pendidikan orang tua anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cahaya Nurani Jember ?, Bagaimana gambaran kecerdasan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cahaya Nurani Jember ?, Bagaimana pengaruh pendidikan orang tua terhadap perkembangan kecerdasan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cahaya Nurani Jember ?. Tujuan Umum :“ Untuk mengkaji gambaran pendidikan orang tua anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cahaya Nurani Jember. Untuk mengkaji gambaran kecerdasan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cahaya Nurani Jember. Untuk mengkaji pengaruh pendidikan orang tua terhadap perkembangan kecerdasan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cahaya Nurani Jember.”. Metode dan prosedur penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif, selanjutnya untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini memakai metode populasi research population. Kemudian dilanjutkan dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode angket, metode interview dan metode dokumenter. Adapun analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus chi kuadrat dan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis korelasional. Dan diperoleh kesimpulan umum, yaitu tidak ada pengaruh pendidikan orang tua terhadap perkembangan kecerdasan anak berkebutuhan khusus di sekolah Cahaya Nurani Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:38
Last Modified: 18 Dec 2023 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30334

Actions (login required)

View Item View Item