Pengaruh Metode Pembelajaran Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Di SD Al-Ikhlash Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016

rohmania, siti (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Di SD Al-Ikhlash Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Siti Rohmania _084 121 011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Ummi, Kemampuan Membaca Al-Quran Al-Quran yang secara harfiah berarti “bacaan sempurna,” Perintah membaca merupakan sesuatu yang paling berharga yang pernah dan dapat diberikan kepada ummat manusia. Dalam mengajarkan al-Quran ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa membaca al-Quran. Yaitu tergantung metode apa yang digunakan oleh seorang guru agar siswanya dapat membaca al-Quran dengan cepat dan benar. Dalam penelitian ini proses pembelajarannya menggunakan metode ummi. rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Adakah hubungan metode pembelajaran ummi terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di SD Al-Ikhlash Lumajang tahun pelajaran 2015/2016? 2) Adakah hubungan metode pembelajaran ummi terhadap kemampuan membaca al-Quran dengan kaidah tajwid siswa di SD Al-Ikhlash Lumajang tahun pelajaran 2015/2016?; 3) Adakah hubungan metode pembelajaran ummi terhadap kemampuan membaca al-Quran dengan fasih siswa di SD Al-Ikhlash Lumajang tahun pelajaran 2015/2016?. Adapun metode penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research dan dalam penelitian ini merupakan penelitian sampe yaitu simple random sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan, angket, observasi dan dokumenter, tes dan kepustakaan. Untuk menganalisis data, peneliti mengguanakan skala Gutman yaitu interval antara 0-1. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, reliabilitas dan product moment diolah sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran ummi terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di SD Al-Ikhlash Lumajang tahun pelajaran 2015/2016 2) ada hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran ummi terhadap kemampuan membaca al-Quran dengan kaidah ilmu tajwid siswa di SD AlIkhlash Lumajang tahun pelajaran 2015/2016 3) ada hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran ummi terhadap kemampuan membaca al-Quran dengan fasih siswa di SD Al-Ikhlash Lumajang tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:38
Last Modified: 18 Dec 2023 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30338

Actions (login required)

View Item View Item