: Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan(Pakem) Pada Pelajaran Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Dukuhmencek 03 Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

HARTONO, AHMAD RUDI (2016) : Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan(Pakem) Pada Pelajaran Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Dukuhmencek 03 Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
AHMAD RUDI HARTONO_084128005.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pendidikan merupakan investasi masa depan bangsa yang membentuk generasi untuk menciptakan manusia yang produktif. Dan Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pendidikan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, Pendidikan Agama Islam yakni upaya mendidikkan ajaran-ajaran Islam serta nilai-nilainya, agar menjadi pandangan hidup bagi seseorang. Fokus penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) Bagaimana Implementasi pembelajaran aktif pada pelajaran agama Islam di SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun ajaran2016/2017? (2) Bagaimana Implementasi pembelajaran kreatif pada pelajaran agama Islam di SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun ajaran2016/2017? (3) Bagaimana Implementasi pembelajaran efektif pada pelajaran agama Islam di SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun ajaran 2016/2017? (4) Bagaimana Implementasi pembelajaran menyenangkan pada pelajaran agama Islam di SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Aktif pada Pelajaran Agama Islam di SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun ajaran 2016/2017? (2) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Kreatif pada Pelajaran Agama Islam di SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun ajaran 2016/2017? (3) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Efektif pada pelajaran Agama Islam di SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun ajaran 2016/2017? (4) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Menyenangkan pada Pelajaran Agama Islam di SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun ajaran 2016/2017? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, Sedangkan subyek penelitian yang dilibatkan dalam memperoleh data adalah; kepala sekolah, guru bidang studi PAI, walikelas IV, guru TU, dan sebagian siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode observasi, interview, dan dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan keabsahan datanya menggunakan tekhnik triangulasi sumber. Dari data yang diperoleh dan analisis secara sederhana dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi pembelajaran aktif guru PAI telah melakukan hal yang tepat dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai metode guna menciptakan siswa yang aktif dalam KBM (2) implementasi pembelajaran kreatif yaitu para guru telah membantu anak dalam mengembangkan kreatifitasnya dengan menggunakan beberapa metode seperti ice breaker, tanyajawab dan lainlain (3) implementasi pembelajaran efektif yaitu para guru telah menjadi sosok x yang mampu menjadi fasilitator serta panutan dan suri tauladan yang baik bagi peserta didik (4) implementasi pembelajaran menyenangkan yaitu dalam mencapai tujuan yang diharapkan para guru sangat antusias dalam meciptakan pembelajaran yang nyaman serta menyenangkan agar peserta didik tidak bosan dan tetap semangat dalam mengikuti pembelajarn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:38
Last Modified: 18 Dec 2023 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30341

Actions (login required)

View Item View Item