Metode Pembelajaran Kitab Kuning Pada Santri Kecil Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Fais, Mohamad Fathan (2016) Metode Pembelajaran Kitab Kuning Pada Santri Kecil Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Mohamad Fathan Fais_084111332.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang diampu oleh Kyai dan Ustadz. Kitab kuning merupakan bahan ajar khas yang ada di pesantren. Ilmu tentang cara membaca kitab kuningpun diajarkan di pesantren. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember juga menerapkan pembelajaran kitab kuning. Akan tetapi sejak tahun 2010 lalu, pesantren ini mulai berkembang dengan banyaknya santri muda yang usianya masih se-usia anak sekolah dasar yang belum bisa membaca kitab kuning. Sehingga dalam metode belajarnya terutama dalam pemahaman kitab kuning diterapkan metode khusus yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana metode hafalan pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana metode setoran pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana metode takrir pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan metode hafalan pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) Mendeskripsikan metode setoran pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, 3) Mendeskripsikan metode takrir pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Metode hafalan pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren merupakan metode awal bagi para santri kecil. Para santri kecil akan ditempatkan pada kelas yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Selain dituntut untuk hafal, para santri juga harus faham pada materi yang mereka hafalkan. (2) Metode setoran pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren merupakan tindak lanjut dari metode hafalan. Setelah hafal, mereka harus menyetorkan hasil hafalan tersebut kepada Ustadz. Metode setoran ini diterapkan sebagai evaluasi terhadap metode hafalan. (3) Metode takrir pada santri kecil di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren merupakan metode yang dalam penerapannya para santri kecil harus mengulangulang membaca hafalan yang ada. Metode takrir ini diterapkan agar para santri lebih mudah menghafal dan mengingat berbagai materi hafalan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:39
Last Modified: 18 Dec 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30343

Actions (login required)

View Item View Item