PEMBELAJARAN KHAT/KALIGRAFI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MODERN PUTRI DARUR RIDWAN PARANGHARJO SONGGON BANYUWANGI

Siti, Faridatul Hasanah (2023) PEMBELAJARAN KHAT/KALIGRAFI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MODERN PUTRI DARUR RIDWAN PARANGHARJO SONGGON BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Faridatul Hasanah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Karakter menurut Kemendiknas adalah watak, tabia’at, akhlak atau
kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang
diyakini dan digunakan sebagai landasan cara pandang berfikir, bersikap dan
bertindak. Kemudian membentuk karakter adalah membentuk sifat, watak serta
tingkah laku yang baik dan teguh pendirian sehingga dijadikan sebuah kepribadian.
Proses pembentukan karakter anak sering terjadi dari proses pembelajaran, mulai
pembelajaran yang diberikan oleh orang tua di rumah sampai pembelajaran yang
diberikan oleh guru di sekolah. Seperti hal nya pembelajaran khat/kaligrafi, yang
mana pembelajaran ini memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak�letaknya, dan cara-cara merangkainya menjadi sebuah tulisan yang tersusun atau apa�apa yang ditulis di atas garis-garis, bagaimana cara menulisnya dan menentukan
mana yang perlu tidak ditulis, mengubah ejaan yang perlu diubah dan menentukan
cara bagaimana untuk mengubahnya. Tujuan pembelajaran tersebut secara khusus
diantaranya yaitu membentuk rupa-rupa atau kebiasaan seperti disiplin, ketertiban,
kebersihan, kesabaran dan ketekunan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran
khat/kaligrafi dalam membentuk karakter disiplin santriwati di pondok pesantren
modern putri Darur Ridwan Parangharjo Songgon Banyuwangi? 2) Bagaimana
pembelajaran khat/kaligrafi dalam membentuk karakter kreatif santriwati di pondok
pesantren modern putri Darur Ridwan Parangharjo Songgon Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran
khat/kaligrafi dalam membentuk karakter disiplin santriwati di pondok pesantren
modern putri Darur Ridwan Parangharjo Songgon Banyuwangi. 2) Untuk
mendeskripsikan pembelajaran khat/kaligrafi dalam membentuk karakter kreatif
santriwati di pondok pesantren modern putri Darur Ridwan Parangharjo Songgon
Banyuwangi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dan Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi,
dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber
dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran khat/kaligrafi dalam
membentuk karakter disiplin santriwati terjadi melalui proses pembelajaran di dalam
kelas dengan dua faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal dan eksternal.
2) Pembelajaran khat/kaligrafi dalam membentuk karakter kreatif santriwati juga
terjadi melalui proses pembelajaran di dalam kelas, hal ini terlihat ketika proses
pembelajaran khat/kaligrafi, dari segi penulisannya santriwati sampai variasi untuk
mencocokkan dekorasi lukisan arabnya. Hal tersebut tidak terjadi begitu saja akan
tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhinya baik faktor internal maupun
eksternal, akan tetapi faktor eksternal yang lebih berpengaruh dalam hal kreativitas
santri tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Syafira Salsabila
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:57
Last Modified: 15 Dec 2023 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30344

Actions (login required)

View Item View Item