Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Akhlak Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) Madrasah Tsanawiyah Negeri Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

MAYASARI, LISTIANA EKA PUTRI (2016) Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Akhlak Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) Madrasah Tsanawiyah Negeri Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
LISTIANA EKA PUTRI MAYASARI_084 121 408.pdf

Download (4MB)

Abstract

Interaksi sosial adalah kebutuhan dalam kehidupan bermasyarakat, yang dapat berpengaruh terhadap masyarakat tempat seorang individu hidup dengan lingkungan sekitarnya. Manusia akan selalu hidup bersama antar manusia akan berlangsung dalam berbagai bentuk komunikasi, baik interaksi dengan alam lingkungan, interaksi dengan sesamanya, maupun interaksi dengan Tuhannya, baik itu disengaja maupun tidak sengaja. Karena interaksi yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar akan mempengaruhi kepribadian, watak serta tingkah laku seseorang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan akhlak PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi. Rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum yaitu adakah hubungan antara interaksi sosial dengan akhlak PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua sub masalah, yaitu: 1) Adakah hubungan antara interaksi sosial dengan akhlak kepada Allah PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?, 2) Adakah hubungan antara interaksi sosial dengan akhlak kepada sesama PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan dalam penelitian ini secara umum yaitu untuk mengkaji hubungan antara interaksi sosial dengan akhlak PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua, yaitu: 1) Untuk mengkaji hubungan antara interaksi sosial dengan akhlak kepada Allah PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mengkaji hubungan antara interaksi sosial dengan akhlak kepada sesama PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan tekhnik analisis product moment. Penelitian ini memperoleh kesimpulan secara umum, yaitu ada hubungan positif yang cukup kuat antara interaksi sosial dengan akhlak PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan pada perhitungan product moment nilai rhitung sebesar 0,529 > rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 4,23. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua, yaitu: 1) ada hubungan positif yang cukup kuat antara interaksi sosial dengan akhlak kepada Allah PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan pada perhitungan product moment nilai rhitung sebesar 0,486 besar > rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,423. 2) ada hubungan positif yang cukup kuat antara interaksi sosial dengan akhlak kepada sesama PDCI MTs Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan pada perhitungan product moment nilai rhitung sebesar 0,524 > rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,423.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:39
Last Modified: 18 Dec 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30349

Actions (login required)

View Item View Item