PENANGGULANGAN KASUS BULLYING MELAUI PENANAMAN SIKAP SELF AWARENESS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR (SD) GAMBIRAN 03 GAMBIRAN KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

RISQIYATUL, HASANAH (2023) PENANGGULANGAN KASUS BULLYING MELAUI PENANAMAN SIKAP SELF AWARENESS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR (SD) GAMBIRAN 03 GAMBIRAN KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text (PENANGGULANGAN KASUS BULLYING MELALUI PENANAMAN SIKAP SELF AWARENESS PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) GAMBIRAN 03 GAMBIRAN KALISAT JEMBER)
SKRIPSI RISQIYATUL HASANAH-T20194052-NEW-revisi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Kasus Bullying, Upaya Mengatasi Bullying, Self Awareness.
Kasus bullying di kalangan anak usia sekolah saat ini menjadi perhatian yang besar baik bagi pendidik maupun orang tua. Sekolah Dasar yang seharusnya menjadi tempat anak-anak memperoleh pengetahuan dan mengembangkan kepribadian positif, terbukti menjadi tempat berkembangnya praktik bullying dan menakut-nakuti anak untuk masuk sekolah. Memang benar bahwa bullying adalah suatu yang sepele. Terkait dengan kasus bullying yang di atur dalam Undang-Undang No.35 tahun 2014 yang merupakan Perubahan atas Undang-Undang No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 76 C yang menyebutkan “Setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak”.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini: 1) Untuk menganalisis bentuk-bentuk praktek bullying pada kelas 4,5 dan 6 di Sekolah Dasar Gambiran 03 Gambiran Kalisat Jember? 2) Untuk menganalisis penangan kasus bullying melalui penanaman sikap self awreness pada kelas 4,5 dan 6 di Sekolah Dasar Gambiran 03 Gambiran Kalisat Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Adapaun jenis penelitian nya adalah studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis yang digunakan menurut Miles, Huberman dan saldana dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Maka dari itu hasil peneltian ini : (1) Bentuk-bentuk bullying pada kelas 4,5 dan 6 di Sekolah Dasar Gambiran 03 Gambiran Kalisat Jember terbagi menjadi 3: bullying fisik, bullying verbal, dan bullying mental/psikologis. (2) Penangan kasus bullying melalui sikap self awareness pada kelas 4,5 dan 6 di Sekolah Dasar Gambiran 03 Gambiran Kalisat Jember melalui tiga langkah yaitu; 1) self awareness subjektif, self awareness objektif dan self awareness simbolik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MIS RISQIYATUL HASANAH
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:09
Last Modified: 20 Dec 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30357

Actions (login required)

View Item View Item