Azizah, Nurul (2023) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP DI MAN 1 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
NURUL AZIZAH_T20198047.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurul Azizah. 2023. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Biologi
Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa
Kelas XI IPA Semester Genap Di Man 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran
2022/2023
Kata Kunci : Buku Petunjuk Praktikum, Pendekatan Saintifik, Berbasis Inkuiri.
Buku petunjuk praktikum inkuiri terbimbing merupakan salah satu buku
petunjuk praktikum yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk melibatkan
siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara
analisis kebutuhan dengan Ibu Ani selaku guru biologi MAN 1 Banyuwangi,
bahwa guru biologi dan siswa hanya menggunakan bahan ajar, dan media
pembelajaran berupa buku paket, dan media sederhana lainnya untuk proses
pembelajaran. Sedangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa sebanyak 5
kelas dengan jumlah siswa 150 mengatakan setuju jika terdapat variasi bahan ajar
atau media pembelajaran.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu mendeskripsikan kevalidan,
respon siswa, dan keefektifan pengembangan buku petunjuk praktikum Biologi
menggunakan pendekatan Saintifik berbasis Inkuiri Terbimbing untuk siswa kelas
XI IPA MAN 1 Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development
dengan model pengembangan yang didapatkan dari Robert Maribe Branch yang
disebut model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Banyuwangi, instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar
angket. Dalam penelitian ini menggunakan 1 validator ahli materi, 1 validator ahli
media, 1 validator ahli bahasa, 1 validator ahli evaluasi dan 1 Guru Biologi.
Validasi tersebut dilakukan dengan tujuan pengujian kevalidan sebuah produk
bahan ajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi
memperoleh persentase sebesar 84,43% dengan kriteria sangat valid, rata-rata
hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 95,10% dengan kriteria
sangat valid, validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 90,27%, validasi
ahli evaluasi memperoleh persentase sebesar 95,10% dan validasi guru
memperoleh persentase sebesar 97,5% dengan kriteria sangat valid dan untuk rata�rata angket respons siswa diperoleh hasil sebesar 91% dengan kriteria sangat baik.
Sedangkan keefektifan produk diperoleh hasil N-Gain yaitu : = 0,522 maka dapat
disimpulkan bahan ajar booklet digital dikategorikan Efektif. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk berupa buku petunjuk
praktikum dikategorikan Sangat Valid, Sangat Praktis, dan Sangat Efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060102 Bioinformatics 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Nurul Azizah |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 00:54 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 00:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30358 |
Actions (login required)
View Item |