Implementasi Pembelajaran Holy Qur’an Berbasis IT Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

inayah, rodatul (2016) Implementasi Pembelajaran Holy Qur’an Berbasis IT Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RODATUL INAYAH_084 121 260.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pendidikan dalam kehidupan sangat penting, terutama pendidikan di dalam keagamaan, seperti pembelajaran Al-Qur’an. Seiring berjalannya kemajuan bidang teknologi dan informasi. Dimana pembelajaran Al-Qur’an tidak hanya menggunakan kitab Al-Qur’an. melainkan menggunakan media komputer yang dimanfaatkan oleh SMP Plus Darus Sholah, yang bertujuan untuk memudahkan guru dan peserta didik di dalam proses belajar mengajar Al-Qur’an. Dari uraian di atas, maka fokus penelitian ini yaitu: a) Bagaimana perencanaan pembelajaran Holy Qur’an berbasis IT dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? b) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Holy Qur’an berbasis IT dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? c) Bagaimana evaluasi pembelajaran Holy Qur’an berbasis IT dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah a) Untuk mendeskripsikan Bagaimana perencanaan pembelajaran Holy Qur’an berbasis IT dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 b) Untuk mendeskripsikan Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Holy Qur’an berbasis IT dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 c) Untuk mendeskripsikan Bagaimana evaluasi pembelajaran Holy Qur’an berbasis IT dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut: a) observasi, b) interview dan c) dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Dari kesimpulan penelitian ini implementasi pembelajaran Holy Qur’an berbasis IT dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, a) dalam perencanaan di sediakan 2 jam pelajaran dalam seminggu dan menggunakan silabus dan RPP. b) bagian pelaksanaannya ada bagian awal, inti dan akhir. Melaksanakan dengan berpedoman kepada RPP dan silabus. c) evaluasi tidak hanya dilaksanakan di akhir semester saja. Namun, setiap KBM guru mengevaluasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:39
Last Modified: 18 Dec 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30361

Actions (login required)

View Item View Item