Deby, Umala Nuha (2023) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI DEBY.pdf Download (3MB) |
Abstract
Deby Umala Nuha, 2023: Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel
“Kembara Rindu” karya Habiburrahman El Shirazy.
Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Novel “Kembara Rindu”.
Pendidikan akhlak merupakan pondasi dasar bagi generasi muda.
Sementara itu, kemerosotan akhlak sering kali terjadi di lingkungan pendidikan ataupun di masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus kriminalitas
yang telah terjadi. Sehingga penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak menjadi
penting untuk dilakukan. Dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak dapat
didukung dengan karya sastra berupa novel. Sastra mampu mengajak peserta didik
melihat bagaimana kompleksitas hidup, dengan pengertian yang lebih mendalam
dan wawasan yang lebih luas. Novel (religi) berjudul “Kembara Rindu” ini adalah
sebagai salah satu sarana atau rekomendasi untuk digunakan sebagai media
pembelajaran, untuk belajar banyak hal mengenai pendidikan akhlak.
Fokus penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan
akhlak terhadap Allah Swt. dalam novel “Kembara Rindu” karya Habiburrahman
El Shirazy? 2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap sesama manusia
dalam novel “Kembara Rindu” karya Habiburrahman El Shirazy? 3) Bagaimana
nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan dalam novel “Kembara Rindu”
karya Habiburrahman El Shirazy?
Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai
pendidikan akhlak terhadap Allah Swt. dalam novel “Kembara Rindu” karya
Habiburrahman E.S 2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak
terhadap sesama manusia dalam novel “Kembara Rindu” karya Habiburrahman
E.S. 3) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan
dalam novel “Kembara Rindu” karya Habiburrahman E.S.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kepustakaan atau library research. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi atau content
analysis, dengan beberapa langkah: mengelola, memilih, dan mengorganisasikan
pesan atau nilai yang terkandung dalam novel “Kembara Rindu.” Keabsahan data
penelitian ini menggunakan ketekunan dan pengamatan.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwasannya di dalam novel “Kembara
Rindu” terdapat tiga nilai-nilai pendidikan akhlak yang menjadi bahasan fokus
penelitian, yaitu: 1) Nilai pendidikan akhlak terhadap Allah Swt. seperti: berdoa,
melaksanakan salat wajib dan sunah, membaca Al-Quran, berzikir, bersyukur dan
lain-lain. 2) Nilai pendidikan akhlak terhadap sesama manusia, seperti:
Mendoakan orang tua, berbakti terhadap orang tua, hormat terhadap guru, berbuat
baik terhadap teman, dan saling tolong menolong antar sesama. 3) Nilai
pendidikan akhlak terhadap lingkungan, seperti: Memelihara dan menjaga
lingkungan, serta menyayangi lingkungan. Dalam hal ini, penulis gambarkan
nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap Allah Swt. sesama manusia dan
lingkungan melalui kutipan-kutipan yang terdapat dalam novel “Kembara Rindu”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Deby Umala Nuha |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 00:46 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 00:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30365 |
Actions (login required)
View Item |