Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola Warna Warni Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Al Mubarok Patrang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mutmainnah, Siti (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola Warna Warni Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Al Mubarok Patrang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Siti Mutmainnah_T201511100.pdf

Download (21MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemampuan kognitif. Ketika kemampuan kognitif kurang berkembang misalnya dalam menyebut angka, mengenal angka dan mengurutkan angka hanya menggunakan lembar kerja siswa, kurangnya menarik pembelajaran yang disampaikan kepada anak didik, dan media yang digunakan guru hanya itu itu saja sehingga anak didik menjadi bosan akan kemampuan kognitif anak. Permainan bola warna warni merupakan permainan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Pada Kelompok A di RA Al mubarok Patrang Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana tahapan pelaksanaan bermain bola warna warni dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka pada anak kelompok A di RA Al-Mubarok Patrang Kabupaten jember. 2)Bagaimana Permainan bola warna warni dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan pada kelompok A di RA Al-Mubarok Patrang kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019?? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan tahapan Pelaksanaan Bermain bola warna warni dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka pada anak kelompok A di RA Al-Mubarok Patrang Kabupaten jember. 2) Mendeskripsikan Permainan bola warna warni dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan pada kelompok A di RA Al-Mubarok Patrang kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019?? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi aktif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data collection, data condantation, dan Verification dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan dalam upaya meningkatkn kemampuan kognitif mengenal konsep bilangn melalui kegiatan bermain bola warna warni pada kelompok A di RA Al Mubarok Patrang kabupaten Jember dapat diperoleh dengan tahapan sebagai berikut guru menentukan tema, menyusun RPPH, Mempersiapkan instrumen penilaian, menyiapkan media, Mempersiapkan alat untuk mendemonstrasikan alat bermain, Membagi anak beberapa kelompok, memberikan kesempatan , melaksanakan evaluasi pembelajaran . Melalui Kegiatan bermain bola warna warni adalah dengan ditunjukannya kemampuan anak dalam melakukan baermain bola warna warni indikator dalam keseimbangan dan melakukan sesuai yang diminta guru misalnya dalam menggunakan simbol angka, mengklarifikasi angka dan mmemahami angka, anak sudah berkembang dan anak mulai tertarik dalam kemampuan kognitifnya. Kata kunci : kemampuan kognitif dan bermain bola warna warni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:39
Last Modified: 18 Dec 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30367

Actions (login required)

View Item View Item