Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih Pada Kitab Fathul Qarib Melalui Metode Diskusi Di Pondok Pesantren Nyai Zainab Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

susilowati, ms (2016) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih Pada Kitab Fathul Qarib Melalui Metode Diskusi Di Pondok Pesantren Nyai Zainab Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Susilowati_084 121 268.pdf

Download (23MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan terdapat dua unsur yang sangat berpengaruh, yaitu guru dan siswa. Antara keduanya kedudukan seorang guru merupakan komponen yang paling dominan dalam keberhasilan siswa, untuk itu dalam proses belajar mengajar hendaknya seorang guru bukan hanya memberikan pengetahuan saja (transfer of knowledge) tetapi juga memberikan penanaman nilai-nilai (transfer of value) pada peserta didik. Hal ini dilakukan agar peserta didik setelah menerima pengetahuan, mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu upaya pemahaman dari seorang guru kepada anak didiknya. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana upaya guru sebagai fasilitator dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih Santri pada Kitab Fathul Qarib melalui metode diskusi di Pondok Pesantren Nyai Zainab Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016- 2017? (2) Bagaimana upaya guru sebagai motivator dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih Santri pada Kitab Fathul Qarib melalui metode diskusi di Pondok Pesantren Nyai Zainab Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016- 2017? (3) Bagaimana upaya guru sebagai pembimbing dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih Santri pada Kitab Fathul Qarib melalui metode diskusi di Pondok Pesantren Nyai Zainab Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016- 2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan upaya guru sebagai fasilitator dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih Santri pada Kitab Fathul Qarib melalui metode diskusi di Pondok Pesantren Nyai Zainab Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016- 2017. (2) Mendeskripsikan upaya guru sebagai motivator dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih Santri pada Kitab Fathul Qarib melalui metode diskusi di Pondok Pesantren Nyai Zainab Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016- 2017. (3) Mendeskripsikan upaya guru sebagai pembimbing dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih Santri pada Kitab Fathul Qarib melalui metode diskusi di Pondok Pesantren Nyai Zainab Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016- 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan dalam menentukan subjeknya, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode atau cara yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru/ustadzah telah berupaya melaksanakan perannya secara maksimal, hal tersebut terbukti dengan adanya usaha-usaha yang dilakukan guru agar siswanya memahami materi yang disampaikan, mulai dari merangkum isi materi serta menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh santri, penguasaan yang penuh terhadap materi, menjalin kedekatan dengan siswa, membimbing praktek serta memberikan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:39
Last Modified: 18 Dec 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30368

Actions (login required)

View Item View Item