Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui program kelas tahfidz di madrasah aliyah negeri bondowoso

BUHAIRI, Mr (2019) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui program kelas tahfidz di madrasah aliyah negeri bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
BUHAIRI_T20153067.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pada hakikatnya kepemimpinan kepala madrasah merupakan ujung tombak dalam keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Kepala madrasah berbagai fungsi dan perannya adalah orang yang bertanggungjawab atas segala aktivitasnya, maju atau mundur, baik atau jeleknya kualitas pendidikan yang dipimpinnya. Maka keberhasilan suatu lembaga pendidika sangat tergantung pada kepemimpinan kepala madrasah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan prestasi siswa melalui program kelas tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?. 2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai manejer dalam meningkatkan prestasi siswa melalui program kelas tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowos?. 3) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai innovator dalam meningkatkan prestasi siswa melalui program kelas tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan prestasi siswa melalui program kelas tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. 2) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah sebagai manejer dalam meningkatkan prestasi siswa melalui program kelas tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. 3) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah sebagai inovator dalam meningkatkan prestasi siswa melalui program kelas tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalah model Miles and Huberman. Keabsahan datanya menggunakan metode triagulasi teknik dan triangulasi sumber. Prosedur yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini, antara lain: 1) kepala madrasah sebagai leader yaitu kepemimpinan kepala madrasah yang mampu menjadi teladan yang baik, berkelakuan baik dan disiplin, karena terlihat dari periliku yang senantiasa datang lebih awal untuk menyambut para siswa di pintu masuk madrasah dan memantau program yang dilaksanakan denga melihat menanyakan langsung atau melihat langsung. 2) yaitu kepala madrasah memanggil para wakil kepala madrasah melakukan rapat internal terlebih dahulu kemudian merapatkan kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan madrasah, memberikan pelatihan kepada guru untuk meningkatkan kemampuannya di dalam lingkungan sekolah sendiri, dan juga memberi kesempatan kepada guru-guru mengikuti pelatihan diluar madrasah untuk meningkatkan profesinya diluar madrasah. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru khusus pengajar tahfidz. 3) melakukan pembinaan kepada guru-guru dengan mendelegasikan tugasnya sesuai dengan kemampuannya masing-masing, dan menyediakan fasilitas kepada guru maupun siswa kelas tahfidz untuk memudahkan melakukan muroja’ah hafalannya, dan melaksanakan program praktek khusus kelas tahfidz di masyarakat luar atau instansi-instansi terkait. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Prestasi Siswa & Kelas Tahfidz

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:39
Last Modified: 18 Dec 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30369

Actions (login required)

View Item View Item