Gaya Kepemimpinan Kyai H. Amir Mahmud Dalam Toleransi Beragama di Lingkungan Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo.

fadlilatul wahidah, nur (2016) Gaya Kepemimpinan Kyai H. Amir Mahmud Dalam Toleransi Beragama di Lingkungan Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NUR FADLILATUL WAHIDAH_084 123 026.pdf

Download (35MB)

Abstract

Hubungan lembaga pendidikan dan masyarakat ialahsangat erat dan saling mempengaruhi. Terlebih jika masyarakat yang berdomisili di sekitar lembaga merupakan masyarakat nonmuslim, hal ini menjadi tantangan bagi pengasuh atau kyai dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin di pesantren tersebut. Karena kyai juga harus bisa menjalankan perannya sebagai salah satu tokoh penting di kalangan masyarakat tersebut. Jadi, kyai bdituntut agar bisa menerapkan nilai toleransi beragama dengan baik dan menjalin komunikasi yang baik dengan tanpa mengurangi rasa tanggung jawabnya terhadap visi dan isinya sebagai pengasuh di pesantren. Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti memilih focus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: a) bagaimana gaya kepemimpinan karismatik Kyai H. Amir Mahmud dalam toleransi beragama di dusun Sidopekso RT 02/ RW 02di lingkungan pondok pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo?. b) gaya kepemimpinan demokratis Kyai H. Amir mahmud dalam toleransi beragama di dusun Sidopekso RT 02/ RW 02di lingkungan pondok pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana gaya kepemimpinan Kyai H. Amir Mahmud dalam toleransi beragama di dusun Sidopekso RT 02/ RW 02di lingkungan Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif Deskriptif, dalam penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi.Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: a) gaya kepemimpinan karismatik Kyai H. Amir Mahmud dalam toleransi beragama di dusun Sidopekso RT 02/ RW 02 di ligkungan Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan adalah ketika Kyai dihadapkan dengan suatu persoalan yang mengangkut keagamaan yang membutuhkan persetujuan darinya.Kyai H. amir Mahmud langsung memutuskan yang menurutnya tepat dengan mempertibangkan kemaslahatan masyarakat bersama kesejahteraan pihak pesantren. b) gaya kepemimpinan demokratis kyai H. Amir Mahmud dalam toleransi beragama di dusun Sidopekso RT 02/ RW 02 di ligkungan Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan adalah ketika K.H Amir Mahmud dihadapkan dengan persoalan masyarakat nonmuslim yang sifatnya manusiawi dan bukan menyangkut keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:40
Last Modified: 18 Dec 2023 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30373

Actions (login required)

View Item View Item