Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Metode Inside Outside Circle di SMKN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Fawaidah, Karimatul (2018) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Metode Inside Outside Circle di SMKN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Karimatul Fawaidah_084 141 046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada zaman modern ini masih ada guru yang mengajar dengan menggunakan metodologi mengajar tradisional yang cenderung bersifat otoriter dan berpusat kepada guru. Perlu adanya paradigma baru yang menjadikan siswa sebagai pemeran aktif dalam mendiskusikan informasi, menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Metode pembelajaran Inside Outside Circle merupakan suatu cara untuk membuat variasi suasana pola diskusi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi Pembelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Metode Inside Outside Circle di SMKN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Inside Outside Circle di SMKN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMKN 2 Jember ini meliputi silabus dari pusat dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai penjabaran dari silabus dengan menggunakan pendekatan saintifik, yang dibuat pada awal tahun pelajaran baru. Pada komponen RPP khususnya pada metode pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran, tergambarkan bahwa guru PAI pernah menerapkan metode pembelajaran Inside Outside Circley aitu pada pertemuan pertama BAB Toleransi sebagai alat pemersatu Bangsa dan Al-Qur’An sebagai pedoman hidup. 2) Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat langkah-langkah pelaksanaan metode pembelajaran Inside Outside Circle dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jika terdapat kendala dalam penerapan metode Inside Outside Circle tersebutyang bersifat kondisional sehingga perlu sedikit modifikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. 3) Proses evaluasi menggunakan 3 penilaian, diantaranya; penilaian kompetensi sikap berupa penilaian selama proses pembelajaran baik ketika berdiskusi maupun individu, penilaian kompetensi pengetahuan berupa penilaian harian berupa tugas terstruktur dan ulangan harian berupa tes tulis dalam bentuk tes tulis dengan soal pilihan ganda dan esai, dan penilaian kompetensi keterampilan berupa portofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:40
Last Modified: 18 Dec 2023 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30375

Actions (login required)

View Item View Item