Pengaruh Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

hasanah, nurul (2016) Pengaruh Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nurul Hasanah_084 121 252.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran Aqidah Akhlak menunjukkan adanya permasalahanpermasalahan yang muncul diantaranya yaitu kurangnya motivasi siswa dalam belajar Aqidah Akhlak, rendahnya pengaplikasian sikap siswa dalam materi yang sudah diajarkan, serta siswa cenderung kurang memperhatikan pada saat guru menerangkan. Media powerpoint merupakan media yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi. Penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media tersebut, dapat menarik perhatian siswa diantaranya dengan permainan warna, huruf, dan animasi serta menayangkan video yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, misalnya dengan adanya penayangan video tersebut, siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran dengan daya ingatnya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu masalah umum dan masalah khusus. Adapun masalah umum dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?”, sedangkan masalah khusus dalam penelitian ini ada tiga, yaitu : yang pertama, “adakah pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?”, yang kedua, “adakah pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?”, yang ketiga “adakah pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?”. Tujuan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Adapun tujuan umum dalam penelitian ini adalah ”untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017”, sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga, yaitu: yang pertama “untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017”, yang kedua, “untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di x Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017”, yang ketiga “untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa mata pada aspek psikomotorik pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data, peneliti menggunakan statistik dengan rumus Product Moment : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode tersebut, maka diperoleh hasil yang pertama, dapat disimpulkan bahwa pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa adalah rhitung = 0,399 termasuk kategori rendah yang berarti “ada pengaruh positif yang rendah media powerpoint terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017”. Kedua, pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif adalah rhitung = 0,393 termasuk kategori rendah yang berarti “ada pengaruh positif yang rendah media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017”. Ketiga, pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif adalah rhitung = 0,246 termasuk kategori rendah yang berarti “ada pengaruh positif yang rendah media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017”. Keempat, pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik adalah rhitung = 0, 250 termasuk kategori rendah yang berarti “ada pengaruh positif yang rendah media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:40
Last Modified: 18 Dec 2023 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30376

Actions (login required)

View Item View Item