Madrasah Sebagai Pilihan Orang Tua Bagi Pendidikan Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Silfia, Wike (2018) Madrasah Sebagai Pilihan Orang Tua Bagi Pendidikan Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
WIKE SILFIA_ 084 134 052.pdf

Download (7MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah adalah suatu Lembaga Pendidikan Dasar Islam formal setingkat Sekolah Dasar yang di dalamnya terdapat proses pendidikan tentang keagamaan yang berfungsi untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap peserta didik. Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember atau yang dikenal dengan MIMA 01 KH. Shiddiq merupakan salah satu sekolah atau madrasah yang menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Jember karena didalamnya mengajarkan pendidikan dasar berbasis Islam yang tidak jauh berbeda dengan sekolah dasar Islam pada umumnya. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini berusaha memahami perspektif masyarakat terhadap madrasah beserta motivasi mereka dalam memilih Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember, sebagai tempat pendidikan buat putra-putrinya. Adapun beberapa tujuan dan alasan orang tua memilih sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember adalah karena memiliki beberapa keunikan–keunikan bila dibandingkan dengan Sekolah lainnya sebagaimana hasil observasi peneliti yaitu a). Adanya pembagian dan pengelompokan kelas khusus antara peserta didik putra dan putri untuk semua kelas; b). biaya masuk (SPP) yang tidak terlalu mahal dan relatif terjangkau untuk masyarakat sekitar, c). sebagian besar orang tua ingin mendapatkan barokah dari KH. A. Shiddiq selaku pendirinya; d) akreditasi sekolah yang mendapatkan nilai A; e). banyaknya prestasi yang diraih oleh peserta didik baik prestasi dalam bidang Akademik maupun non Akademik. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu; 1) Apa faktor-faktor dan motivasi masyarakat dalam memilih Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember sebagai tempat pendidikan putra-putrinya?; 2) Bagaimana kurikulum pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara tidak terstuktur dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Faktor-faktor dan motivasi masyarakat memilih Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember sebagai tempat pendidikan putra-putrinya terdapat dua faktor : 1) faktor intrinsik yamg meliputi: a. Adanya kesadaran orang tua akan kebutuhan nilai-nilai Pendidikan Agama; b. Adanya pengetahuan dan pendidikan orang tua serta adanya cita-cita atau harapan orang tua agar anaknya bisa belajar ilmu umum dan agama di sekolah. 2) faktor ekstrinsik meliputi : a. adanya sarana & prasarana dan disertai kurikulum berbasis agama; b. Biaya yang relatif terjangkau untuk kalangan masyarakat menengah kebawah; c. Adanya pengawasan yang baik yang dilakukan dalam proses vii pembelajaran; d. Kurikum yang digunakan oleh para pendidik dalam proses pembelajaran sama dengan kurikulum di sekolah umum dan ditambahi dengan pendidikan agama; e. Berharap mendapat berkah, manfaat dan ilmu dari KH. Shiddiq. 2. Kurikulum pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember yang digunakan adalah KTSP dan Kurikulum 2013, sedangkan dalam proses pembelajarannya terbagi menjadi: a. kegiatan harian seperti doa bersama setiap pagi, sholat dhuha berjamaah, kegiatan rutin untuk melakukan pembiasaan antara guru dan peserta didik melalui kegiatan menyambut kedatangan anak-anak setiap pagi dengan bersalaman; b. Adanya kegiatan mingguan seperti kegiatan istighasah setiap hari jum’at, kegiatan ekstrakurikuler pramuka, drum band, puisi; c. Kegiatan tahunan seperti pondok Ramadhan selama 1 minggu, Kegiatan Imtihan Madrasah pada akhir semester; d. Evaluasi: ada ulangan harian, UTS dan UAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:40
Last Modified: 18 Dec 2023 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30378

Actions (login required)

View Item View Item