Manajemen Kurikulum Keterampilan Peserta Didik Di Man 1 Jember Tahun Ajaran 2018-2019

Nisak, Rustin Arrosidatun (2019) Manajemen Kurikulum Keterampilan Peserta Didik Di Man 1 Jember Tahun Ajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Rustin Arrosidatun Nisak_ 084143133.pdf

Download (16MB)

Abstract

MAN 1 Jember merupakan lembaga pendidikan berbasis masyarakat yang menerapkan program pengembangan keterampilan.Oleh sebab itu manajemen kurikulum yang digunakan sangat menentukan dari hasil program pengembangan keterampilan. Maka peneliti ingin mengetahui manajemen kurikulum yang digunakan dalam upaya pengembangan keterampilan peserta didik di MAN 1 Jember. ”Dengan diadakannya Program pengembangan keterampilan diharapkan siswa-siswi lulusan dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember memiliki keterampilan yang dapat menciptakan pekerjaan bukan hanya mencari pekerjaan. Adapun fokus penelitian dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan Kurikulum keterampilan peserta didik di MAN 1 Jember , 2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum keterampilan peserta didik di MAN 1 Jember. 3) Bagaimana Evaluasi Kurikulum keterampilan peserta didik di MAN 1 Jember. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1) Mendeskrisikan Perencanaan Kurikulum keterampilan peserta didik di MAN 1 Jember. 2) Mendeskripsikan Penerapan Kurikulum keterampilan peserta didik di MAN 1 Jember. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Kurikulum dalam upaya pengembangan keterampilan peserta didik di MAN 1 Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan datanya menggunakan Wawancara, Observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan pengumpulan data, pengolahan, reduksi data, sampai pada penyajian data maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1).Perencanaan Kurikulum keterampilan Peserta Didik Di MAN 1 Jember yang mengacu pada keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam No 1023 tahun 2016, yang disusun sebagai perangkat pembelajaran dalam silabus, dan dikembanagkan kedalam Rencana Program Pembelajaran (RPP). 2). Pelaksanaan Kurikulum keterampilan Peserta Didik Di MAN 1 Jember menggunakan materi yang ada pada pedoman penyelenggaraan program keterampilan yang disusun kedalam silabus dan RPP, disetiap materi program keterampilan serta Metode yang digunakan yaitu pada masing-masing jurusan terdapat pemahaman materi sebelum metode praktik dan prakarya dilakukan. Untuk media yang digunakan yaitu alat-alat yang sesuai dengan program jurusan masing-masing yang menjadi fasilitas setiap program keterampilan. 3) Evaluasi Kurikulum keterampilan Peserta Didik Di MAN 1 Jember menggunakan evaluasi summative untuk menentukan nilai yang melambangkan keberhasilan peserta didik, setelah mereka menempuh program pengajaran dalam jangka waktu tertentu. Serta evaluasi dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) pada akhir semester kelas tiga sehingga mendapatkan sertifikat keahlian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:40
Last Modified: 18 Dec 2023 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30400

Actions (login required)

View Item View Item