Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Pada Produk Tepung Ikan Di UD Bintang Terang Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

uinkhasjember, cobaperpus (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Pada Produk Tepung Ikan Di UD Bintang Terang Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TITO SANDRA W.B_E20172016.pdf

Download (18MB)

Abstract

Tito Sandra, Moh. Haris Balady, 2023: Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Pada Produk Tepung Ikan di UD Bintang Terang Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Minat Pembelian Ulang Konsumen UD Bintang Terang
UD Bintang Terang adalah tempat pengolahan ikan rucah yang diolah kembali menjadi tepung ikan, namun dari beberapa tahun terakhir penjualan tepung ikan di UD Bintang Terang sering mengalami penurunan penjualan, hal tersebut dikarenakan banyak berdirinya pabrik pengolahan tepung ikan yang baru, sehingga mengakibatkan terjadinya persaingan penjualan tepung ikan, oleh sebab itu maka pabrik pengolahan tepung ikan UD Bintang Terang harus tepat dan jeli dalam menentukan strategi pemasaran, agar dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen dan meningkatkan keinginan membeli kembali, sehingga mampu meningkatkan jumlah konsumen baru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah Kualitas Produk, berpengaruh terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen? 2) apakah Harga berpengaruh terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen ? 3) apakah Promosi berpengaruh terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen ? 4) apakah Kualitas Produk, Harga, dan Promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Minat Minat Pembelian Ulang Konsumen Produk Tepung Ikan UD Bintang Terang ?. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap minat pembelian ulang konsumen. Dan Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi secara simultan terhadap minat pembelian ulang konsumen tepung ikan di UD Bintang Terang.
Metode Penelitian kuantitaif. Tehnik pengumpulan data dengan koesioner dan dokumentasi. Pengambilan sempel menggunakan metode Probability Sampling dan tehnik pengumpulan purposive sampling yang didasarkan pada kriteria khusus yang terdapat pada populasi, jumlah sampel yang akan diambil adalah 100 responden. Analisis data yang digunakan ialah Uji Instrumen Data, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis Penelitian serta Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kualitas produk X1 tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen. 2) Sedangkan untuk Harga X2 dan 3) Promosi X3 memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen. 4) Sedangkan secara simultan kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen UD Bintang Terang. Sehingga dapat diartikan bahwa strategi pemasaran terutama varibel kualitas produk, harga, dan promosi dapat lebih ditingkatkan lagi guna untuk mempengaruhi dan meningkatkan minat pembelian ulang konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email titosandra23@gmail.com
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:48
Last Modified: 18 Dec 2023 00:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30401

Actions (login required)

View Item View Item