Implikasi kode etik advokat dalam penyelesaian sengketa hukum keluarga islam di jember

Dwi Safi`uddin, Angga (2023) Implikasi kode etik advokat dalam penyelesaian sengketa hukum keluarga islam di jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tesis Angga Dwi Watermak.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Safi’uddin, Angga Dwi, 2023. Implikasi Etika Advokat Dalam Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga Islam Di Jember. Tesis. Program Studi Hukum Keluarga Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Prof. Dr. Muhammad Noor Harisudin, M.Fil.I. Pembimbing II : Dr. Busriyanti, M.Ag.

Kata Kunci : Etika, Advokat, dan Hukum Keluarga Islam.

Salah satu profesi hukum dari caturwangsa yang memiliki kewajiban sangat penting dalam upaya penegakan supremasi hukum adalah advokat, yang menuntut adanya semangat perjuangan untuk terselenggaranya peradilan yang jujur, adil, dan memiliki kepastian hukum yang jelas dan terang bagi para pencari keadilan dalam menegakkan hukum, kebenaran, dan hak asasi manusia (HAM). Advokat adalah pekerjaan yang dikualifikasikan sebagai profesi sehingga dalam menjalankan profesi sebagai advokat terikat oleh adanya kode etik.
Rumusan Masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Bentuk dari Kode Etik oleh Advokat dalam Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga Islam? 2) Bagaimana Implikasi Penerapan Etika oleh Advokat dalam Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga Islam?
Tujuan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk Menganalisis Bentuk dari Kode Etik oleh Advokat dalam Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga Islam. 2) Untuk Menganalisis Implikasi Penerapan Etika oleh Advokat dalam Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris, yaitu penelitian lapangan, yang tujuannya adalah mencari atau menggali informasi dari wawancara, menggali fakta dilapangan dan semacamnya. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian hukum empiris yang memiliki tujuan terwujudnya aturan hukum operasional yaitu etika advokat dalam penyelesaian sengketa hukum keluarga Islam yaitu dengan merumuskan etika advokat dalam penyelesaian sengketa hukum keluarga yang berkeadilan melalui proses penalaran terhadap sumber hukum Islam dan positivisasinya ke dalam peraturan perundang-undangan.
Sehingga menghasilkan rumusan penelitian, pertama, konsep etika advokat dalam penyelesaian sengketa hukum keluarga islam. Kedua, Pelaksanaan Kode Etik Advokat Hukum Keluarga Islam di Jember. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) Bentuk dari Kode Etik oleh Advokat dalam Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga Islam adalah Nilai dasar etika advokat dalam membentuk suatu cita hukum (rechtsidee) yang terdiri dari nilai-nilai moral dan nilai-nilai etik yang kesemuanya itu harus di junjung tinggi oleh advokat dalam menjalankan profesinya. 2) Implikasi Penerapan Etika oleh Advokat dalam Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga Islam adalah Advokat dituntut untuk profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai profesional hukum yaitu memiliki keahlian hukum dan berpegang pada prinsip dan moralitas profesi advokat yaitu berani berbuat dengan tekad untuk bertindak sesuai dengan tuntutan profesi, dan juga sadar akan kewajibannya dan memiliki idealisme yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1802 Maori Law > 180201 Nga Tikanga Maori (Maori Customary Law)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1802 Maori Law > 180203 Te Tiriti o Waitangi (The Treaty of Waitangi)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Angga Dwi Safi`uddin
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:42
Last Modified: 18 Dec 2023 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30405

Actions (login required)

View Item View Item