Pendidikan Akhlak Perspektif Syaikh Al-Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Al-Muta'allim dan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Bidayat Al-Hidayah

Zahro', Afifah (2023) Pendidikan Akhlak Perspektif Syaikh Al-Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Al-Muta'allim dan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Bidayat Al-Hidayah. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AFIFAH ZAHRO'.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan akhlak adalah usaha seseorang membentuk dan memperbaiki diri melalui membiasakan diri berperilaku yang dipengaruhi perilaku itu sendiri, individu, dan lingkungan sekitar agar lahir perilaku yang baik sesuai Islam secara spontan tanpa dorongan dan pertimbangan. Pendidikan akhlak bertujuan membentuk insan kamil yang berbahagia di dunia juga akhirat. Kajian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan akhlak dalam ruang lingkup akhlak kepada Allah SWT, diri sendiri, dan sesama manusia dari perspektif Syaikh al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim dan Imam al-Ghazali dalam kitab Bidayat al-Hidayah. Pendidikan akhlak kepada Allah SWT sejalan dengan Kecerdasan Eksistensial, pendidikan akhlak kepada diri sendiri sejalan dengan Kecerdasan Intrapersonal, dan pendidikan akhlak kepada sesama manusia sejalan dengan Kecerdasan Interpersonal seorang manusia.

Kajian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research berjenis kajian pemikiran tokoh. Tokoh dunia yang dikaji pemikirannya adalah Syaikh az-Zarnuji dan Imam al-Ghazali. Pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi terhadap sumber data primer berupa kitab Ta’lim al-Muta’allim dan Bidayat al-Hidayah dan sumber data sekunder berupa literatur cetak maupun digital yang relevan. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Peneliti mencatat pesan dari sumber data primer dan sumber data sekunder lalu menginterpretasikannya. Penelitian ini juga menggunakan analisis komparatif atau membandingkan sesuatu yang hasilnya berupa persamaan, perbedaan, dan sintesa kreatif peneliti. Pemeriksaan keabsahan data dengan kredibilitas data dengan teknik pengamatan tekun dan kecukupan referensial.

Hasil dari kajian ini adalah: a) Pendidikan Akhlak kepada Allah SWT diusahakan dengan membiasakan diri meyakini Allah SWT dan Rasulullah SAW, s}alat khusyu’, fokus kepada hidayah, serta takut, berserah, dan taat kepada-Nya. b) Pendidikan akhlak kepada diri sendiri diusahakan dengan membiasakan diri berpikir sebelum bicara, s}alat dan sibuk mencari ilmu, serius memahami ilmu, mengurangi banyak makan, menghadapi tantangan mencari ilmu, tetap berbuat baik, mengingat kematian, menata kegiatan sehari-hari, dan merenungi serta memperbaiki ibadah. c) Pendidikan akhlak kepada sesama manusia diusahakan dengan membiasakan diri membangun persahabatan dengan orang baik dan rajin belajar, diskusi/berdebat dengan hati tenang, wibawa, dan pikiran jernih, menaati petunjuk dari cara berbicara orang berilmu, mencintai sesama seperti mencintai diri sendiri, dan menghindari teman bertabiat buruk.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Kitab Bidayat Al-Hidayah, Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afifah Zahro'
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:44
Last Modified: 18 Dec 2023 00:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30408

Actions (login required)

View Item View Item