Implementasi Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2023/2024

Wahyuni, Sri (2023) Implementasi Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SRI WAHYUNI _T20191263.pdf

Download (13MB)

Abstract

Sri Wahyuni, 2023. Implementasi Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an
dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Siswa di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran
2023/2024.
Kata Kunci: Muatan Lokal, Baca Tulis Al-Qur‟an, Kemampuan Membaca AlQur‟an.
Proses belajar mengajar dikatakan berhasil jika adanya interaksi antara
guru dan peserta didik. Meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa
merupakan tugas utama yang dilakukan guru agar peserta didik dapat memahami
isi Al-Qur‟an dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Di SMP Baitul
Arqom Balung dalam menerapkan metode Jibril dan Imla‟ berhasil yang mana
setiap langkah dalam penerapannya dapat meningkatkan kemampuan membaca
Al-Qur‟an siswa.
Fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran
Membaca Al-Qur‟an dengan Metode Jibril dalam Meningkatkan kemampuan
Membaca Al-Qur‟an Siswa SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran
2023/2024? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Al-Qur‟an dengan
Metode Imla‟ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa SMP
Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan metode Jibril dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SMP Baitul Arqom Balung tahun
pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis AlQur‟an dengan metode Imla‟ dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur‟an siswa di SMP Baitul Arqom Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teori Miles, Huberman dan
Saldana yang meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan dari penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran membaca
Al-Qur‟an dengan metode Jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa terdapat 6 langkah yaitu peserta didik membaca surat yang telah ditentukan,
peserta didik membaca secara berkelompok, guru menjelaskan hukum tajwid,
peserta didik mencari hukum tajwid, tahap tahqiq tartil, peserta didik maju
membaca Al-Qur‟an dihadapan guru. Hasil belajar menggunakan metode Jibril
dalam membaca Al-Qur‟an terdapat peningkatan dapat dilihat dari hasil penilaian
terhadap peserta didik. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Al-Qur‟an dengan
Metode Imla‟ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa
terdapat 7 langkah yaitu peserta didik menulis surat yang telah ditentukan,
peserta didik membaca surat, guru mendikte bacaan, guru menilai latihan, peserta
didik menulis jawaban dipapan, guru membetulkan jawaban dipapan, peserta
didik membaca kembali surat yang ditulis. Hasil belajar menggunakan metode
imla‟ dalam menulis Al-Qur‟an untuk meningkatkan kemampuan membaca
terdapat peningkatan dapat dilihat dari hasil penilaian terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Sri Wahyuni
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:34
Last Modified: 18 Dec 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30411

Actions (login required)

View Item View Item