Manajemen Masjid Dalam Memotivasi Jamaah Melalui Kegiatan Bidang Keagamaan Di Masjid Jami' Al-Huda Desa Grajagan

Utami, Nuzulul Rizky Sari (2023) Manajemen Masjid Dalam Memotivasi Jamaah Melalui Kegiatan Bidang Keagamaan Di Masjid Jami' Al-Huda Desa Grajagan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nuzulul Rizky Sari Utami _E20194033.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuzulul Rizky Sari Utami, Adil Siswanto. 2023: Manajemen Masjid Dalam Memotivasi Jamaah Melalui Kegiatan Bidang Keagamaan Di Masjid Jami’ Al-Huda Desa Grajagan.
Masjid merupakan tempat peribadatan bagi umat Islam, disisi lain masjid juga dapat dijadikan sebagai tempat pemberdayaan jamaah. Agar fungsi tersebut dapat tercapai maka manajemen masjid yang laksanakan harus dilakukan secara maksimal sesuai dengan unsur-unsur manajemen masjid yang meliputi Idarah, Imarah dan Ri’ayahnya. Jika ketiga unsur tersebut telah dilaksanakan dengan baik maka secara tidak langsung akan memberikan dorongan atau memotivasi jamaah untuk datang ke masjid baik untuk beribadah atau sekedar singgah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) POAC (perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, pelaksanaan/actuating, pengawasan/controlling) dalam Memotivasi Jamaah Melalui Kegiatan Bidang Keagamaan Di Masjid Jami‟ Al-Huda Desa Grajagan. 2) Penerapan kegiatan bidang keagamaan dalam memotivasi jamaah di masjid Jami‟ Al-Huda Desa Grajagan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana POAC (perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, pelaksanaan/actuating, pengawasan/controlling) dalam Memotivasi Jamaah Melalui Kegiatan Bidang Keagamaan Di Masjid Jami’ Al-Huda Desa Grajagan. 2) Mendiskripsikan bagaimana penerapan kegiatan bidang keagamaan dalam memotivasi jamaah di masjid Jami‟ Al-Huda Desa Grajagan.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Masjid Jami‟ Al-Huda Desa Grajagan. Dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive. Adapun dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan manajemen masjid Jami’ Al-Huda Desa Grajagan telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling. 2) Dari kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh masjid Jami‟ Al-Huda memberikan dampak positif baik bagi kemakmuran masjid ditandai dengan semakin bertambahnya jamaah yang berpartisipasi dalam kegiatan maupun dalam hal pendanaan. Dampak yang didapatkan oleh jamaah tentunya kenyamanan ketika beribadah dan tambahan ilmu dengan diadakannya kegiatan yang bersifat keilmuan. 3) Bahwa dari setiap kendala yang mempengaruhi jalannya kegiatan terdapat strategi dalam mengatasi kendala tersebut.
Kata Kunci: Manajemen Masjid, Motivasi, Kegiatan Keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms nuzululrizky sariutami
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:38
Last Modified: 18 Dec 2023 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30414

Actions (login required)

View Item View Item