Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2023/2024

Firdausi, Amalia (2023) Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AMALIA FIRDAUSI_T20191261.pdf

Download (4MB)

Abstract

Amalia Firdausi’, 2023. Penerapan Metode Mind Mapping dalam Menumbuhkan Kreativitas
Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII SMP
Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Kreativitas Siswa.
Pada proses belajar mengajar sudah seharusnya guru mampu mendorong siswa untuk
menumbuhkan kreativitas. Metode Mind Mapping merupakan salah satu metode
pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa dengan mencatat secara mudah. Di
SMP Baitul Arqom dalam menerapkan metode Mind Mapping dapat menumbuhkan
kreativitas siswa di mana dalam penerapannya dan karya siswa dapat menunjukkan indikator
aspek kreativitas yaitu kreativitas pribadi, kreativitas proses dan kreativitas karya.
Fokus pada penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana penerapan metode Mind Mapping
dalam menumbuhkan kreativitas pribadi siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana
penerapan metode Mind Mapping dalam menumbuhkan kreativitas proses siswa pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung tahun
pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana penerapan metode Mind Mapping dalam menumbuhkan
kreativitas berkarya siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII SMP
Baitul Arqom Balung tahun pelajaran 2023/2024?.
Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping
dalam menumbuhkan kreativitas pribadi siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung 2) Mendeskripsikan penerapan metode Mind
Mapping dalam menumbuhkan kreativitas proses siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung 3) Mendeskripsikan penerapan
metode Mind Mapping dalam menumbuhkan kreativitas karya siswa pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Wawancara 2) Observasi 3) Dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana
yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada
penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Penerapan metode Mind Mapping dalam menumbuhkan
kreativitas pribadi siswa ditunjukkan dengan adanya indikator kreativitas pribadi yaitu
kelancaran, kelenturan, keaslian dan elaborasi yang dapat di ukur secara langsung
pengamatan terhadap siswa dalam membuat Mind Mapping 2) Penerapan metode Mind
Mapping dalam menumbuhkan kreativitas proses siswa ditunjukkan dengan indikator
kreativitas proses yaitu tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi yang dapat di ukur
secara langsung pengamatan terhadap siswa dalam membuat Mind Mapping 3) Penerapan
metode Mind Mapping dalam menumbuhkan kreativitas karya siswa dapat di ukur secara
langsung pengamatan terhadap karya siswa dalam membuat Mind Mapping ditunjukkan
adanya siswa mampu menghasilkan karya dengan memenuhi kriteria karya yang kreatif yaitu
karya yang nyata, karya yang dibuat sesuai dengan kreativitas siswa dan karya hasil kualitas
individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Amalia Firdausi
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:32
Last Modified: 18 Dec 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30415

Actions (login required)

View Item View Item