Manajemen Kesiswaan di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2022/2023

Rohmah, Alfiatur (2023) Manajemen Kesiswaan di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfiaturrohmah_T20193028.pdf

Download (5MB)

Abstract

Alfiaturrohmah, 2023: Manajemen Kesiswaan di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2022/2023.
Manajemen kesiswaan bertujuan untuk mengatur kegiatan siswa dengan cara melengkapi dan meningkatkan proses belajar mengajar di madrasah. Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan Bondowoso sudah menjalankan tujuan dari manajemen kesiswaan yang mana madrasah tersebut sudah melengkapi, meningkatkan serta memfasilitasi proses belajar dengan memberikan akses siswa untuk memperdalam ilmu informatika di lab komputer, selain itu madrasah juga mewadahi seluruh siswanya untuk mengembangkan bakat minatnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu bagaimana analisis dan rekrutmen, sistem penempatan (pengelompokan) dan sistem pembinaan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan Bondowoso tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis dan rekrutmen, sistem penempatan (pengelompokan) dan sistem pembinaan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan Bondowoso tahun ajaran 2022/2023. Penelitin ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode interaktif Milles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian memperoleh kesimpulan 1). Analisis dan rekrutmen peserta didik di madrasah ibtidaiyah sabielil muttaqien mengupayakan kebutuhan siswa terkait pembelajaran dan mempersiapkan kualitas pendidiknya. Sedangkan rekrutmen melalui beberapa langkah yaitu melakukan promosi dengan brosur, banner dan sosialisasi. Langkah selanjutnya pendaftaran, pengisian formulir, melengkapi persyaratan pendaftaran serta asesmen membaca Al-Qur’an. Dan langkah terakhir mengadakan pertemuan calon wali siswa. 2). Sistem penempatan (pengelompokan) dengan ability grouping dan sub grouping. Ability grouping dibagi menjadi dua kelompok (kelas) yaitu A dan B dengan menggunakan asesmen membaca dan menulis. Kemudian sub grouping atau pengelompokan di dalam kelas tidak selalu digunakan, pengelompokan didalam kelas hanya dilakukan pada saat diberikan tugas kelompok, selebihnya pembelajaran dilakukan secara membaur. 3). Sistem pembinaan melalui kegiatan intrakurikuler (menyesuaikan kurikulum dan RPP), kokurikuler (dikemas dalam program madrasah, yaitu program pembiasaan, program calistung kelas 1, program pendalaman IT di lab komputer, kegiatan edutrip dan praktek materi pembelajaran) dan ekstrakulikuler (diadakan sesuai bakat minat siswa, untuk sementara yang aktif drumband, pancak silat dan ekstra olahraga).
Kata kunci: Manajemen kesiswaan, Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ms alfiatur rohmah
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:17
Last Modified: 21 Dec 2023 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30419

Actions (login required)

View Item View Item