Manajemen Kurikulum Ekstrakurikuler Ta’lim Muta’allim dalam Peningkatan Karakter Rendah Hati Pada Peserta Didik di MTs Bustanul Ulum Puger - Jember Tahun 2019

ruslan, mr (2019) Manajemen Kurikulum Ekstrakurikuler Ta’lim Muta’allim dalam Peningkatan Karakter Rendah Hati Pada Peserta Didik di MTs Bustanul Ulum Puger - Jember Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RUSLAN_T20153056.pdf

Download (40MB)

Abstract

Ekstrakurikuler ta’lim muta’allim merupakan salah satu dalam menunjang terhadap tujuan pendidikan dan berfungsi sebagai pengembangan diri peserta didik, serta pembenahan ahklak,moral dan tatcara dalam belajar. Kurikulum ekstrakurikuler ta’limmuta’allim merupakan teknik alternatif yang dilakukan oleh MTs Bustanul Ulum Puger dalam perbaikan dan peningkatan kararakter peserta didik. Sedangkan kurikulum ekstrakurikuler ta’limmuta’allim di Bustanul Ulum Puger ini wajib semua peserta didik mengikuti dan diterapkan dikehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dalam peningkatan karakter rendah hati pada peserta didik di MTs Bustanul Ulum Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaiman Pelaksanaan kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dalam peningkatan karakter rendah hati pada peserta didik di MTs Bustanul Ulum Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, dan 3) Bagaimana Evaluasi kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dalam peningkatan karakter rendah hati pada peserta didik di MTs Bustanul Ulum Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan perencanaan kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dalam peningkatan karakter rendah hati pada peserta didik di MTs Bustanul Ulum Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mendiskripsikan Pelaksanaan kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dalam peningkatan karakter rendah hati pada peserta didik di MTs Bustanul Ulum Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan 3) Untuk mendiskripsikan Evaluasi kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dalam peningkatan karakter rendah hati pada peserta didik di MTs Bustanul Ulum 03 Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adaalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dari data yang sudah sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan tehnik trianggulasi sumber dan trianggualasi teknik. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: 1) Perencanaan kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dilakukan dengan merumuskan tujuan kurikulum yaitu berupa pembenahan dan pembekalan akhlak, moral dan adab peserta didik serta etika belajar yang baik. Dan isi kurikulum yaitu mengikuti Bab dan Sub Bab kitab ta’lim muta’aalim. 2) Pelaksanaan kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dilaksanakan dengan pengembangan program yaitu sholat dhuha dan berdo’a bersama, pelaksanaan pembelajaran diaula dengan sistem surau, dan evaluasi hasil belajar dengan mengamati perilaku peserta didik dan pengamalan hasil belajarnya. 3) Evaluasi kurikulum ekstrakurikuler ta’lim muta’allim dengan cara evaluasi summatif yang dilaksanakan setiap satu atau tiga bulan sekali dan juga dengan cara evaluasi formatif yang dilaksanakan setiap empat bulan sekali atau pada akhir tahun ajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:30
Last Modified: 18 Dec 2023 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30420

Actions (login required)

View Item View Item