Peran Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di MI Al-Hidayah Mangli Jember

mukarromah, mu'jizatul (2019) Peran Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di MI Al-Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MU’JIZATUL MUKARROMAH_T20153007.pdf

Download (18MB)

Abstract

Humas merupakan jembatan penghubung utama antara sekolah dengan masyarakat. Tanpa adanya humas sekolah tidak akan bisa mencapai tujuannya dengan baik, adanya peran humas dapat mengembangkan madrasah menjadi madrasah yang berkualitas dan dipercayai oleh masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat, humas memiliki tugas yang tidak mudah, meningkatkan dan mempertahankan eksistensi sebuah lembaga pendidikaan juga tergantung kepada kontribusi dan peran serta humas dalam lembaga pendidikan tersebut. Fokus penelitian: 1) Bagaimana peran manajemen hubungan masyarakat dalam membina hubungan harmonis kepada publik internal dan eksternal untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di MI Al-Hidayah Mangli Jember? 2) Bagaimana peran manajemen hubungan masyarakat dalam membina komunikasi dua arah kepada publik internal dan eksternal untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di MI Al-Hidayah Mangli Jember? Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan peran manajemen hubungan masyarakat dalam membina hubungan harmonis kepada publik internal dan eksternal untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di MI Al-Hidayah Mangli Jember.2) Mendeskripsikan peran manajemen hubungan masyarakat dalam membina komunikasi dua arah kepada publik internal dan eksternal untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di MI Al-Hidayah Mangli Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penentuan subyek penelitian secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini: 1) Peran manajemen hubungan masyarakat dalam membina hubungan harmonis kepada publik internal dan eksternal untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di MI Al-Hidayah Mangli Jember terbukti dengan keakraban dan rasa kekeluargaan yang terjalin dengan harmonis. Keharmonisan ditunjukkan dengan diadakannya rapat atau musawarah setiap proses pengambilan keputusan serta melibatkan masyarakat setiap diadakannya sebuah program. 2) Peran manajemen hubungan masyarakat dalam membina komunikasi dua arah kepada publik internal dan eksternal untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di MI Al-Hidayah Mangli Jember. Terbukti komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung baik kepada publik internal maupun eksternal. Komunikasi yang dilakukan dalam lingkup internal dengan musyawarah dan pemberitahuan secara langsung dari atasan mengenai tugas. Sedangkan dalam lingkup eksternal dapat menggunakan media elektronik, seperti handphone adanya group WhatsApp antara guru kelas dengan wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:29
Last Modified: 18 Dec 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30422

Actions (login required)

View Item View Item